Ini Kata Buya Yahya Hukum Kurban dengan Kambing Betina

Ilustrasi kambing
Sumber :
  • www.pixabay.com/capri23auto

VIVA Nasional – Menjelang Hari raya Idul Adha, Buya Yahya membahas topik mengenai Qurban terkait penggunaan kambing betina sebagai hewan qurban.

Bolehkah Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang Puasa Ramadhan? Ini Menurut Buya Yahya

Beragam pandangan beredar mengenai qurban ini, salah satunya pendapat bahwa qurban harus dilakukan degan menggunakan hewan jantan, namun ada yang berpendapat bahwa hewan bertina dapat digunakan sebagai hewan qurban.

Buya Yahya

Photo :
  • Tangkapan layar
Masjid Istiqlal Siap Sambut 250 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H

Buya Yahya dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube Al Bahjaj TV mengungkapkan jawabannya mengenai Hukum Kurban dengan Kambing Betina.

Buya Yahya menyebut, bahwa menurut pada ulama tidak ada larangan untuk menggunakan kambing betina sebagai hewan qurban. Tetapi, mereka menganjurkan menggunakan kambing jantan karena alasan ciri-ciri yang gagah dan kuat.

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

“Para ulama nggak ada larangan tentang kambing jantan atau betina, sehingga anda boleh korban dengan kambing betina nggak tahu itu keyakinan mulai kapan Muncul itu kambing betina boleh dijadikan korban cuman memang himbauan disarankan kambing laki-laki,” Ungkap Buya Yahya

Perbedaan utama antara kambing betina dan kambing jantan terletak pada ukuran dan bobot tubuhnya.

Kambing betina umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada kambing jantan. Meskipun demikian, dalam konteks qurban, pilihan menggunakan kambing betina tetap diperbolehkan.

"Sekarang gini, kambing betina 14kg, kambing jantang 6kg, jauh banget bedanya. Gak ada bu, kesalahpahaman itu. Makanya hal-hal yang kesalahpahaman kami hadirkan, gak papa itu," terang Buya Yahya.

Buya Yahya menegaskan bahwa kesalahpahaman masyarakat terkait qurban dengan kambing betina sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap ajaran agama. Buya Yahya mengimbau agar masyarakat tidak terjebak dalam kesalahpahaman tersebut.

Kambing Qurban. Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVA / Livia Fetrianah

"Cuman kalo ibu punya kambing gede, kambing jantan gede, ya jangan betina yang dikorbankan dong," terang Buya Yahya.

Padahal, qurban sebenarnya merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan setiap tahun.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk memahami bahwa qurban adalah ibadah yang memiliki pahala besar dan tidak dapat dibandingkan dengan sedekah atau amal lainnya.

Buya Yahya berpendapat bahwa pilihan qurban dengan kambing betina di Indonesia bisa disesuaikan dengan kondisi negara dan budaya masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya