Ganjar Kagum dengan Kebudayaan Cirebon, Sebut Bisa Punya Nilai Ekonomi Tinggi

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo, kembali melanjutkan safari politiknya. Kali ini, bacapres berambut putih itu menyambangi Cirebon pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Ganjar menghadiri Silaturahmi dan Melestarikan Budaya di Kota Wali bersama Tokoh Budaya, Seniman, Masyarakat dan Ulama se-Cirebon yang diselenggarakan di GOR Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Kedatangan Ganjar di GOR Ranggajati disambut genjring rudat yang merupakan kesenian khas Cirebon dan juga ribuan masyarakat Cirebon dari berbagai kalangan. Mereka tampak antusias dengan kehadiran Ganjar Pranowo.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Pada kesempatan itu, ditampilkan budaya dan kesenian dari Cirebon seperti Tari Sintren dan juga Tari Topeng Tumenggung. Ganjar pun sempat diajak naik ke atas panggung oleh salah satu penari topeng yang disambut riuh masyarakat Cirebon yang hadir.

"Saya menyampaikan terima kasih hari ini sambutan masyarakat Cirebon bagus. Mereka menampilkan seni, budaya, UMKM dan karya-karya yang tumbuh berkembang di masyarakat," ujar Ganjar usai acara.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Selain dijuluki Kota Wali, Cirebon juga dikenal dengan kebudayaannya yang mengakar dan berkembang dengan baik hampir di setiap generasi. Ganjar pun mengaku kagum dengan kebudayaan Cirebon yang ditampilkan pada acara tersebut, dan menyampaikan bagaimana kebudayaan Cirebon bisa tumbuh dengan baik.

Oleh sebab itu, Ganjar meyakini kesenian dan kebudayaan Cirebon dapat dikembangkan lebih jauh lagi dan tidak hanya untuk tujuan melestarikan saja. Tetapi juga mendorong berkepribadian dalam kebudayaan untuk kemajuan daerah.

"Termasuk yang punya nilai ekonomi yang tinggi, itu bisa kita kemas sebagai satu produk lokal yang mendunia karena ini bagus sekali. Tinggal kita butuh pendampingan untuk membuatkan narasi yang baik, produknya itu juga packaging-nya yang baik, menjualnya juga bisa menjelajah dengan marketplace," jelas Ganjar.

"Butuh semacam creative-creative hub untuk menampung mereka dan di antara mereka adalah generasi yang sangat muda dari milenial, dari generasi Z yang menurut saya ternyata kreativitas kita tidak pernah mati karena ada mereka semua," lanjut Ganjar.

Sementara itu, Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran selaku tokoh budayawan Cirebon menuturkan, antusias masyarakat dalam menyambut kehadiran Gubernur Jawa Tengah itu sangat tinggi.

Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat Cirebon yang hadir. Setidaknya, 2.525 warga Cirebon berbondong-bondong untuk bertemu Ganjar. Dia pun berharap Ganjar dapat menjadi pemimpin Indonesia kelak.

"Maka dari itu ini sangat luar biasa antusias daripada masyarakat Cirebon ini luar biasa. Mudah-mudahan Pak Haji Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin yang baik untuk NKRI," ucap dia.

Sebagai informasi, selain Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran, acara tersebut turut dihadiri sejumlah tokoh lain, antara lain Sultan Kacirebonan XI Pangeran Abdul Gani Natadiningrat dan Bupati Cirebon Imron Rosyadi.

Kemudian hadir pula tokoh sesepuh Cirebon Surono Danu, Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Cirebon Nana Karmana, seniman lukisan kaca penyandang disabilitas Kusdono Rastika dan Pengasuh Pondok Pesantren Gedongan Cirebon KH Abdul Hayyi Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya