Prihatin Nasib PMI di Luar Negeri, PAN Tawarkan Advokasi

Artis Uya Kuya, bergabung menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN).
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

VIVA Nasional – Partai Amanat Nasional (PAN) menaruh perhatian besar terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) lantaran kerap mengalami berbagai permasalahan di luar negeri. Partai berlambang matahari tersebut menawarkan bantuan advokasi kepada para PMI.

Paket Lebaran TKI Tertahan di Surabaya, BP2MI Minta Segera Dibebaskan

Salah satunya dilakukan kader PAN, Suryo Utomo atau yang lebih dikenal dengan Uya Kuya. Dia menawarkan advokasi hingga ke luar negeri seperti Hong Kong. Uya Kuya menyebutkan,  permasalahan PMI ilegal paling sering ditemui.

Jika tidak segera dibantu, Uya Kuya menyebutkan, PMI ilegal kerap mendapatkan kekerasan fisik yang dapat membahayakan nyawa.

Cinta Nangis Dimarahi Uya Kuya Karena Gak Salat Tarawih: Kalo Papa Mama Meninggal yang Doain Siapa?

Uya Kuya bersama TKW Hongkong

Photo :
  • Istimewa

"Saya berharap masyarakat tidak tergiur dengan janji-janji manis akan mendapat gaji Rp12 juta. Ketika menjadi PMI ilegal, itu awal dari penderitaan," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 3 Juni 2023.

Torehan Apik Caleg Artis Pendatang Baru, Tembus Suara Tertinggi hingga Singkirkan Politisi Senior

Tidak hanya korban kekerasan saja yang ditemui oleh Uya Kuya. Korban penipuan dan pemerasan dengan berbagai modus juga kerap ditemuinya. "Sudah ratusan PMI yang menjadi korban," ujarnya.

Lantaran itu, Uya Kuya berkomitmen bersama PAN akan terus memperjuangkan dan menyelesaikan permasalahan PMI di parlemen. Dia yakin PAN adalah wadah politik yang tepat untuk terus menyuarakan permasalahan PMI.

Waketum PKB Jazilul Fawaid dan sejumlah elite DPP PKB.

Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku masih membahas dan mengkaji nama-nama yang akan diusung untuk maju pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024