Mengenal Sosok Irjen Agus Nugroho, Kapolda Sulteng yang Sebut Kasus ABG 15 Tahun Bukan Pemerkosaan

Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA Nasional – Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Agus Nugroho sedang menjadi buah bibir lantaran membuat pernyataan yang menuai pro kontra di masyarakat. Hal ini berkaitan dengan kasus pelecehan berat yang dialami ABG 15 tahun oleh 11 orang, diduga Kepala Desa dan oknum Brimob. 

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban Penusukan Massal di Mal Sydney

Irjen Agus menyebut, kasus tersebut bukanlah pemerkosaan, melainkan persetubuhan di bawah umur. Sebab, kata Irjen Agus, dalam kasus ini tidak ada ancaman atau kekerasan terhadap korban. Bahkan, korban diiming-imingi untuk dinikahkan dengan tersangka jika hamil. 

"Sebab, tidak ada unsur pemaksaan maupun ancaman. Saya berharap mulai hari ini kita tidak lagi memberitakan dengan menggunakan istilah pemerkosaan ataupun rudapaksa," ujar Irjen Agus Nugroho di Mako Polda Sulteng, dilansir pada 4 Juni 2023. 

OPM Minta TNI Tak Jatuhkan Bom, Ancam Bawa Pilot Susi Air ke Medan Perang

Sontak saja, pernyataan itu menuai kecaman publik terutama para warganet yang melihat berita tersebut. Terlebih, banyak masyarakat yang merasa bahwa pernyataan Agus tersebut terkesan normatif dan tidak membela korban. Nah, berikut profil Irjen Agus Nugroho selengkapnya. 

Profil Irjen Agus Nugroho

One Way GT Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali Diterapkan Sore Ini

Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho

Photo :
  • Wikipedia

Agus Nugroho adalah seorang pria kelahiran Bandung pada tanggal 14 Agustus 1969. Selama bekerja di kepolisian, Agus banyak mengenyam di bidang reserse hingga pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Diklat Reserse Lemdiklat Polri Cilember Jawa Barat pada tahun 2020. Pada 5 Oktober 2022 lalu, Irjen Agus Nugroho sempat berkarier di Deputi Bidang Penindakan. 

Pendidikan Agus Nugroho

Para Taruna Akademi Kepolisian saat berbaris (ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA/R. Rekotomo

Agus Nugroho adalah seorang lulusan Akpol tahun 1991. Ia juga mengenyam pendidikan di perguruan tinggi kepolisian pada tahun 2020. Selain itu, Agus sempat menempuh pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Kepolisian Republik Indonesia di SESPIM POLRItahun 2008. 

Tidak hanya itu, ia kemudian melanjutkan pendidikan SESPIMPTI di SESPIMTI Polri dan berhasil lulus pada tahun 2016. Terakhir, Irjen Agus Nugroho juga merupakan PPSA Angkatan XXIII Lemhannas RI pada tahun 2021.

Penghargaan

Irjen Pol Agus Nugroho diketahui sempat mengantongi beberapa penghargaan, salah satunya adalah Piagam Kesetiaan 8 Tahun oleh Presiden Republik Indonesia tahun 2000, Piagam Kesetiaan 16 Tahun oleh Presiden Republik Indonesia pada tahun 2008, Piagam Dwijasista oleh Presiden pada tahun 1996, Piagam Kesetiaan 24 tahun oleh Presiden RI tahun 2016, dan Piagam Pin Emas Kapolri tahun 2019.

Karier

Agus Nugroho baru menjabat sebagai Kapolda Sulteng sejak dua bulan lalu. Ia menjabat sebagai Kapolda Sulteng lewat mutasi yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tertanggal 27 Maret 2023. Ia menggantikan Irjen Pol Sufahriadi. 

Sebelum itu, ia adalah Pati Bareskrim Polri penugasan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Beberapa jabatan yang sempat diemban seperti Kasubdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri, Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri, dan masih banyak yang lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya