BMKG Sebut 28 Wilayah di Indonesia Telah Masuk Musim Kemarau Tahun Ini

Ilustrasi lahan pertanian yang kering saat musim kemarau di Kabupaten Kupang, NT
Sumber :
  • ANTARA/Aloysius Lewokeda

Jakarta -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, Indonesia bakal memasuki kemarau kering. Hal ini buntut El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD).

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati curah hujan bulan Agustus-Oktober tahun ini diprediksi di bawah normal. Penyebabnya karena El Nino bakal 100 persen positif di Tanah Air.

"Sebagian daerah bahkan mengalami hujan kategori sangat rendah," ujar dia kepada wartawan, Selasa, 6 Juni 2023.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Kepala

Photo :
  • 1469697

Sebagai contoh, wilayah yang dimaksud adalah Sumatera, Jawa-Bali, NTB-NTT, sebagian Kalimantan serta beberapa wilayah di Sulawesi. Dia menambahkan, sebanyak 28 wilayah di Tanah Air telah masuk musim kemarau.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Daerah tersebut adalah Aceh bagian timur, Sumatera Utara bagian Timur, Riau bagian timur, Bengkulu bagian selatan, Lampung bagian selatan, Banten bagian utara, DKI Jakarta, juga Jawa Barat bagian Utara.

Kemudian ada sebagian Jawa Tengah, beberapa wilayah di Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian Nusa Tenggara, sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Tenggara, sejumlah wilayah di Kepulauan Maluku, juga beberapa wilayah di Maluku Utara. "Sebanyak 28 persen di Indonesia sudah masuk ke musim kemarau," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya