FOTO: Seperti Ini Penampakan Baqi, Makam untuk Jemaah Haji yang Meninggal di Tanah Suci

Baqi, Madinah
Sumber :
  • MCH 2023

MADINAH -  Melihat pemakaman, biasanya identik dengan batu nisan berisi identitas nama, tanggal lahir juga tanggal meninggal dunia. Namun, berbeda dengan pemakaman di Baqi, Madinah, Arab Saudi. Seperti apa penampakannya? 

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Jannatul-Baqi adalah tempat pemakaman umum Islam pertama di Madinah, wilayah Hijaz, Arab Saudi. Lokasinya, di sebelah timur-tenggara Masjid Nabawi. 

Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

Bukan hanya menjadi tempat pemakaman untuk jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah, di tempat tersebut juga dimakamkan para keluarga dan sahabat Nabi Muhammad, serta para tabiin dan tabiuttabiin. Juga disebut sebagai Baqi al-Gharqad. 

Baqi,

Photo :
  • 1486614
Datang ke Pemakaman Ibunya, Angger Dimas Berterima Kasih Pada Tamara Tyasmara dan Keluarga

Tak heran jika tempat ini banyak diziarahi oleh umat Muslim, karena di tempat tersebut banyak dimakamkan sahabat dan keluarga Muhammad, sehingga menjadi salah satu dari dua pemakaman tersuci dalam banyak tradisi Islam, selain Jannatul Mu'alla. 

Banyak cerita bahwa Muhammad sering menziarahi pemakaman tersebut setiap kali melewatinya.

Sejarah

Ketika Muhammad tiba di Madinah dari Mekkah, pada September 622, al-Baqi dahulunya adalah tanah yang ditumbuhi pohon-pohon gharqad (Lycium shawii). Menurut catatan sejarah, setelah hijrahnya Muhammad, permukiman di Madinah mulai dibangun di sekitar Baqi', dan kemudian ditetapkan sebagai pemakaman umum. 

Lahan yang akan dijadikan tapak pemakaman dibersihkan, dan kelak dijadikan pemakaman Muslim yang meninggal di Madinah. Al-Baqi berlokasi di suatu tempat yang di sebelah timurnya adalah Nakhl, dan di sebelah baratnya berupa rumah penduduk. Sebelum dihancurkan, Baqi terletak di balik permukiman.

Selama masa pembangunan Masjid Nabawi, pada lahan yang dibeli dari dua orang anak yatim saat pertama kali Nabi datang di Madinah, As'ad bin Zurarah, sahabat Nabi Muhammad, meninggal dunia. Muhammad memilih tanah tersebut sebagai pemakaman dan As'ad menjadi orang pertama yang dimakamkan dari Kaum Anshar.

Baqi,

Photo :
  • 1486616

Ketika Muhammad ikut Perang Badar, putrinya Ruqayyah jatuh sakit dan meninggal pada tahun 624. Ia dimakamkan di Baqi. Ia menjadi orang Ahlulbait pertama yang dimakamkan di tempat tersebut.

Setelah Muhammad pulang dari perang tersebut, Utsman bin Mazh'un meninggal pada 626. Ia menjadi orang pertama dari Kaum Muhajirin yang dimakamkan di tempat tersebut.

Ketika putra Muhammad, Ibrahim meninggal, Muhammad memerintahkan agar Ibrahim dimakamkan di situ. Di bawah perintah Muhammad, dua putri lainnya juga dimakamkan di dekat makam Utsman bin Mazh'un, yaitu Zainab dan Ummu Kultsum.

Baqi,

Photo :
  • 1486615

Awalnya, khalifah ketiga Utsman bin 'Affan dimakamkan di dekat pemakaman Yahudi. Perluasan pertama pemakaman ini dalam sejarah dilakukan oleh Muawiyah I, khalifah pertama Umayyah. Untuk menghormati jasa-jasa Utsman, Muawiyah memasukkan pemakaman Yahudi tersebut ke dalam Baqi. Kekhalifahan Umayyah juga membangun kubah pertama di atas makam Utsman. Sepanjang sejarah, banyak kubah dan struktur dibangun di atas makam-makam tokoh penting di Baqi.

Baqi,

Photo :
  • 1486615
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya