Panglima TNI: Pertemuan ACDFM 2023 Sepakati Rencana Latihan Bersama Khusus ASEAN

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., di acara Meeting ACDFM 2023
Sumber :
  • Maha Liarosh (Bali)

Bali - Meeting ASEAN Chiefs of Difence Force Meeting (ACDFM) ke - 20 tahun 2023 diadakan di Nusa Dua, Bali pada, Rabu, 7 Juni 2023. Event dengan tema ASEAN Matter Epicentrum of Grow itu diikuti oleh Panglima Angkatan Bersenjata se-ASEAN termasuk Timor Leste.

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

ACDFM ke-20 tahun 2023 pada pilar keamanan mengambil sub tema Peace Prosperity dan Security.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengatakan, makna dari peace prosperity dan security dari segi keamanan Indonesia memprioritaskan kawasan yang aman damai dan stabil untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Arus Balik Lebaran, 234 Ribu Orang Diprediksi Tinggalkan Bali Melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai

"Hal ini membutuhkan kontribusi ASEAN dalam mempertahankan perdamaian Kawasan di mana ACDFM menjadi pusat dari kerjasama militer yang dibentuk di ASEAN," jelas Yudo Margono saat menggelar konferensi pers di Nusa Dua Bali, Rabu, 7 Juni 2023.

ACDFM ke-20 tahun 2023 menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain, mendukung perluasan kerjasama ASEAN dalam ASEAN Outlook on The Indo Pacific in Event Perspective. Yaitu memandang pentingnya pendekatan ASEAN terhadap Indo Pacific dari perspective pertahanan.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

"Khususnya kerjasama pertahanan dengan mitra dialog ASEAN yang telah berkontribusi besar dalam menciptakan perdamaian dan kemakmuran dunia," jelasnya.

Kesepakatan lainnya, ASEAN memperluas lingkup kerjasama dalam 4 pilar utama yaitu kerjasama maritim, konektifitas sustainable, development goals dan kerjasama ekonomi.

Dalam pertemuan ACDFM ke-20 juga disepakati Rencana Latihan Bersama Gabungan yang akan dilaksanakan di wilayah Laut Natuna Utara dengan nama ASEAN Soliditer Exercise.

"Inti dari pertemuan tadi karena sudah dibahas baik dari sisi operasional maupun intelejen khususnya di ASEAN, dan tentunya tentang penawaran kesepakatan di mana kita akan melaksanakan Latihan Bersama khusus ASEAN. Selama ini tidak pernah kita laksanakan," kata Yudo.

Ia menambahkan, dilaksanakan Latihan Bersama khusus untuk ASEAN baik dari sisi latihan Angkatan Darat Laut maupun Angkatan Udara akan dilaksanakan pada September mendatang.

"Seperti latihan gabungan namun lebih pada kegiatan latihan non tempur," ucapnya.

Sementara itu, pertemuan ACDFM ke-20 tahun 2023 dihadiri oleh para Panglima Angkatan Senjata negara-negara ASEAN atau yang mewakili termasuk negara Timor Leste.

"Pada tahun ini Timor Leste mulai dapat aktif untuk kmengikuti kegiatan pertemuan pada tingkat senior officer meeting," jelas Yudo. 

Keikutsertaan Timor Leste pada pertemuan ACDFM tahun ini kata Yudo merupakan bentuk support atau dukungan Indonesia kepada Timor Leste sebagai keluarga baru dari ASEAN. Dengan bergabungnya Timor Leste di Kawasan ASEAN diharapkan dapat memberikan warna baru bagi Kerjasama ASEAN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya