Johan Budi Usul Kepala BNPT dan BNN Dijabat Jenderal Bintang 4

Anggota Komisi III DPR RI, Johan Budi SP
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Johan Budi mengusulkan agar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dijabat oleh polisi berpangkat jenderal bintang empat.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Hal tersebut disampaikan Johan Budi dalam rapat kerja (raker) BNPT dan BNN RI bersama Komisi III DPR RI, Rabu, 7 Juni 2023.

"Pak Ketua, ketua rapat, saya usul dalam struktur organisasi yang baru nanti dalam kesimpulan, kalau diperbolehkan dan ini saya akan menggunakan hak konstitusional saya agar Kepala BNPT dan Kepala BNN ini jangan bintang tiga, tapi bintang empat," kata Johan Budi di ruang sidang Komisi III DPR RI.

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

Johan menjelaskan, usulan itu diungkapkan agar setidaknya pemimpin yang menjabat Kepala BNN dan BNPT ini setara dengan Kapolri. Di samping itu, ia berharap marwah dan independensi kedua lembaga semakin terjaga jika dipimpin jenderal bintang empat.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

"Karena, kalau dia bintang tiga, dia masih di bawah Kapolri. Seharusnya dia independen dan menjadi bintang empat. Apalagi badan, kepala badan harusnya setara menteri kalau tidak salah," ujar eks Juru Bicara KPK itu.

Lebih lanjut, Johan Budi menilai Petrus Reinhard Golose selaku Kepala BNN RI dan Rycko Amelza Dahniel selaku Kepala BNPT sudah sepatutnya menyandang jenderal bintang empat. Ia pun meminta agar usulnya ini dimasukkan ke dalam kesimpulan rapat.

"Saya lihat juga, Pak Petrus (Kepala BNN) sudah pantas juga bintang empat. Apalagi Pak Rycko (Kepala BNPT)," ungkap Johan Budi.

"Saya Johan Budi, fraksi PDIP usul dalam kesimpulan agar Kepala BNPT dan BNN disandang bintang empat sehingga setara dengan Kapolri. Sehingga bebas independen, tidak di bawah koordinasi Polri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya