5 Fakta Mengerikan Rasyid Ghifary Mahasiswa ITB Meninggal saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Mahasiwa ITB, Rasyid Ghifary
Sumber :
  • Twitter: ITB

Bandung - Mahasiswa Institusi Teknologi Bandung (ITB), Muhammad Rasyid Ghifary meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat uji coba pesawat tanpa awak di Pangkalan TNI Angkatan Udara Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Kejadian mahasiswa ITB tersebut meninggal dunia akibat kecelakan pesawat tanpa awak itu pada Selasa 6 Juni 2023 lalu. Hal ini dijelaskan oleh Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Prof Tatacipta.

Berikut beberapa fakta mengerikan mahasiswa ITB meninggal saat uji coba pesawat tanpa awak, dilansir berbagai sumber:

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

1. Pesawat Untuk Kontest

VIVA

Photo :
  • 1430168
Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Dijelaskan oleh Biro Humas ITB, Naomi Haswanto uji coba pesawat tanpa awak yang dikerjakan Muhammad Rasyid Ghifary bersama teman-teman di UKM Aksantara di Laund Sulaiman, itu merupakan salah satu bagian persiapan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI).

2. Kronologi Kejadian

Pesawat

Photo :
  • 1361579

Kronologi kejadian juga disampaikan oleh Humas ITB, kecelakaan tersebut bermula saat Tim Aksantara bersama Rasyid Ghifary sedang mempersiapkan alat pelontar untuk melakukan uji terbang wahana, alat lontar tersebut terdiri dari karet elastis besar yang disangkutkan pada sebuah pasak besi besar.

"Namun, kondisi tanah tempat pesak dipindahkan rupanya berlumpur dan tak cukup kuat untuk menahannya. Sehingga pasak itu terlontar dan mengenal dia (Rasyid Ghifary) di bagian rahang bahwa kanannya," ungkap Naomi dilansir Antara, 9 Juni 2023.

3. Sempat Dibawa ke Rumah Sakit

Setelah kejadian tersebut, Rasyid Ghifary sempat dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Udara Lanud Sulaiman. Akan tetapi setelah sampai disana, nyawanya sudah tidak bisa diselamatkan ketika rumah sakit tersebut.

"Dokter menyatakan almarhum (Rasyid Ghifary) meninggal pada 17.44 WIB karena adanya luka tumpul," beber Naomi.

4. Kondisi Hujan

Sejumlah

Photo :
  • 1458908

Namun, saat akan melakukan uji coba, cuaca sedang hujan sehingga tanah di Lanud Sulaiman basah. Karena kondisi yang basah itu membuat pasak dari alat pelontar pesawat tercabut dan mengenai tubuh Rasyid.

"Selasa sore itu hujan ya, kemudian sesudah reda mereka kemudian mencoba. Tapi karena hari Senin, Selasa hujan jadi tanah itu basah, jadi dia menancapkan pasak ke tanah. Jadi karena basah, nggak kuat," jelas Tatacipta, Selasa 8 Juni 2023.

5 Rektor ITB Ucapkan Belasungkawa

Kampus

Photo :
  • 1393051

Atas kejadian tersebut pastinya sangat terpukul ketika salah satu mahawsinya yang berprestasi meninggal dunia, Hal ini pun disampaikan oleh Humas ITB. Selain itu juga, pihaknya akan melakukan investigasi atas kecelakan pesawat tanpa awak yang menewaskan satu orang mahasiswa.

"Rektor ITB beserta jajaran mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga Fary (Rasyid Ghifary) yang merupakan alumni ITB dan kepada keluarga besar FTMD atas kepulangan Fary" ungkap Naomi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya