Massa Brutal Rusak Kantor Dinas DPMK Mamberamo Tengah Dirusak, Dipicu Pembagian Dana Desa

Kantor Dinas DPMK Kabupaten Mamberamo Tengah Papua dirusak massa
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Mamberamo Tengah – Ratusan orang merusak Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mamberamo Tengah, Distrik Kobakma, Jumat, 9 Juni 2023. Massa rusuh melempari kaca gedung Kantor Dinas DPMK dengan batu hingga pecah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Kapolres Mamberamo Tengah Kompol Sudirman menyebutkan pihaknya saat ini sedang melakukan penjagaan ketat di sekitaran lokasi kejadian dengan dibantu aparat TNI dan perwakilan pemerintah daerah.

Penjagaan tersebut dilakukan usai massa melakukan aksi protes secara spontan hingga merusak bangunan serta fasilitas Kantor Dinas DPMK Kabupaten Mamberamo Tengah.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Kompol Sudirman menyebutkan aksi protes tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIT hingga 14.00 WIT, dilakukan oleh sekitar 300 orang yang berasal dari 5 Distrik yakni Kelila, Ilugwa, Eragayam, Kobakma, dan Megambilis akibat Dana Kampung yang dibagikan tidak sesuai.

"Aksi ini dipicu akibat Dana Kampung yang diterima oleh masyarakat tidak sesuai dan tidak adanya sosialisasi dari Pendamping dana Desa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) kepada masing-masing Kepala Kampung tentang pemberlakuan penggunaan dana Desa sesuai PERMENDES," ungkapnya.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Kantor

Photo :
  • 1487265

Menurutnya, akibat adanya hasutan oleh oknum masyarakat sehingga mengajak warga lainnya untuk melakukan protes dan menyebabkan beberapa bagian kantor mengalami kerusakan, seperti jendela dan bagian pintu kantor.

"Setelah kami melakukan mediasi, masyarakat menerima dan kembali ke kediaman masing-masing namun dengan tuntutan hal ini dapat dibicarakan oleh Plt. Bupati Mamberamo Tengah Yonas Kenelak guna tidak diberlakukannya pembagian dana program sesuai PERMENDES sehingga dana yang diterima sesuai dengan utuh," ujar Kapolres.

Kompol Sudirman mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terhasut oleh oknum sehingga kembali melakukan aksi-aksi yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain dan membuat kekhawatiran di tengah masyarakat.

"Kami meminta masyarakat untuk dapat bersabar dan menunggu keputusan Pemerintah Daerah dan selanjutnya akan dipertemukan kembali untuk mencapai keputusan bersama. Oleh karena itu, kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aksi yang dapat membuat kegaduhan di Kabupaten Mamberamo Tengah," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya