Evakuasi Jemaah Haji Sakit dari Madinah ke Mekkah Resmi Dimulai

Ilustrasi: Ribuan Jamaah Haji Lakukan Thawaf
Sumber :
  • Bahauddin Raja Baso/MCH2019

MADINAH – Evakuasi jemaah haji sakit yang masih berada di Madinah dimulai secara bertahap sejak Jumat, 9 Juni 2023. Evakuasi dilakukan pada jemaah haji yang kloternya sudah berada di Mekkah sejak 1 Juni 2023.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Jemaah haji yang di evakuasi adalah jemaah haji yang tidak bisa mengikuti perpindahan ke Mekkah bersama kloternya karena saat perpindahan sedang sakit dan dirawat di KKHI Madinah atau RS Arab Saudi.

Pasien di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah pada Jumat, 9 Juni 2023 sejumlah 49 jemaah haji dan pasien yang masih dirawat di RS Arab Saudi Madinah sejumlah 39 jemaah haji. Hingga saat ini sudah ada 14 orang direncanakan untuk evakuasi secara bertahap.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

“Sampai siang ini, 49 jemaah haji masih dirawat di KKHI, 14 orang direncanakan untuk evakuasi ke Mekkah. Evakuasi pertama sudah berjalan dengan membawa 2 orang jemaah haji sakit dan 1 orang keluarga pasien.” Jelas Kepala KKHI Madinah dr. Tri Atmaja Sugiyarno

TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

dr. Atma menjelaskan bahwa  jemaah haji yang direncanakan untuk evakuasi adalah jemaah sakit yang sudah stabil dan dapat dipindahkan. Selain itu jemaah haji juga harus sudah memiliki dokumen yang lengkap seperti paspor dan surat jalan.

Proses evakuasi dilakukan pada jemaah haji sakit ini menggunakan mobil ambulans. Selama perjalanan, jemaah haji akan didampingi oleh satu orang dokter dan satu orang perawat. Tujuannya untuk memastikan kondisi jemaah haji tetap stabil saat evakuasi. 

Evakuasi tahap pertama diberangkatkan dari KKHI Madinah pukul 08.30 WAS dan tiba di KKHI Makkah pukul 12.50 WAS. Evakuasi tahap pertama ini membawa jemaah yang menderita penyakit jantung asal kloter PLM2 dan jemaah menderita penyakit stroke asal kloter KNO3.

dr. Riko Hyang Wicaksono, SpKFR dan Ns. Wahidin Rusdin Sako yang bertugas dievakuasi tahap pertama  menyampaikan bahwa kondisi dua jemaah haji sakit stabil selama evakuasi dan perjalanan menuju Mekkah lancar. Disampaikan juga bahwa evakuasi tahap dua diberangkatkan pada Sabtu, 10 Juni 2023 pukul 00.00 WAS dengan membawa 3 orang jemaah haji sakit.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala KKHI Mekkah dr. Edi Supriyatna, MKK menyampaikan bahwa KKHI Mekkah siap untuk menerima jemaah haji sakit yang dievakuasi dari KKHI Madinah. Pasien akan ditransitkan sementara di KKHI Mekkah dengan tujuan jika masih terjadi gangguan kesehatan maka akan diberikan pelayanan di KKHI Mekkah, namun jika sudah stabil dan hasil evaluasi baik maka akan dikembalikan ke kloter masing-masing.
 
“KKHI Mekkah siap menerima jemaah haji sakit yang dievakuasi dari KKHI Madinah. Jemaah haji sakit yang telah dievakuasi nantinya akan transit untuk dievaluasi apakah perlu penanganan kesehatan lagi atau sudah bisa dikembalikan ke kloter masing-masing” jelasnya dr. Edi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya