Mengenal Cabai Hiyung Asli Tapin, Kalimantan. Begini Rasanya!

Ilustrasi Cabai
Sumber :

VIVA – Cabai merupakan bumbu masakan yang paling sering digunakan dan menjadi bahan utama untuk membuat sambal, dimana rasa pedasnya membuat banyak orang ketagihan. Tidak heran bahwa sambal telah menjadi identitas orang Indonesia, karena sambal selalu hadir di tiap meja makan keluarga di indonesia. Terlebih bahwa fakta Indonesia merupakan penghasil cabai terbesar ke-4 di dunia!

Daftar Harga Pangan 21 Mei 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Setiap daerah memiliki ciri khas tanaman cabai tersendiri, salah satu yang berkualitas tinggi ada di Tapin, Kalimantan Selatan yang bernama Cabai Hiyung. Dalam bahasa latin, cabai ini disebut Capsicum Frutescens. Penasaran dengan Cabai Hiyung asal Tapin, Kalimantan Selatan ini? Yuk simak artikel berikut.

Ilustrasi kebun cabai hiyung

Photo :
Daftar Harga Pangan 17 Mei 2024: Bawang hingga Daging Sapi Naik

Cabai Hiyung tumbuh di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Penanaman Cabai Hiyung sangat unik dibandingkan penanaman cabai rawit pada umumnya. Keunikannya terletak pada mulsa yang digunakan, mulsa merupakan material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah.

Dilansir dari laman Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Cabai Hiyung memiliki bentuk kerucut kecil, dan warna buah muda hijau saat kecil, hijau keunguan saat menjelang masak, dan merah cerah saat telah masak.

Daftar Harga Pangan 16 Mei 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Sementara tanamannya memiliki daun meruncing, kedudukan tangkai bunga tegak, bunga berbentuk terompet, dan sudut antara tangkai dan bunga adalah 117,29 derajat.

Pada awalnya, Cabai Hiyung ditanam Desa Linuh namun masih dalam skala rumah tangga. Cabai Hiyung selanjutnya mulai ditanam di Desa Mandurian, Kecamatan Tapin Tengah dan pada saat yang sama ditanam cukup luas di Desa Hiyung.

Cabai Hiyung khas Tapin ini juga memiliki banyak keistimewaan dibanding varietas cabai pada umumnya. Keunggulan Cabai Hiyung diantaranya memiliki daya penyimpanan yang tahan lama yakni 10 hari pada suhu ruangan normal. Selain itu, Cabai Hiyung juga unggul dalam hal kandungan Vitamin A, Vitamin C, dan protein. Hal ini yang menyebabkan Desa Hiyung banyak kedatangan tamu baik dari dalam maupun luar negeri, untuk melihat langsung pengembangan Cabai Hiyung. 

Jika kamu penasaran dengan Cabai Hiyung, maka kamu bisa mencobanya di Sambal ABC, karena Cabai Hiyung merupakan salah satu rahasia utama dibalik lezatnya Sambal ABC yang telah hadir selama puluhan tahun di Indonesia! Ditanam dan dipetik langsung oleh petani Kalimantan, menjadikan Sambal ABC cocok untuk dijadikan teman di tiap momen makan!

Sambal ABC jelas bukan sambal biasa, salah satu merek sambal yang telah digemari oleh banyak orang dan menjadi pilihan nomor 1 keluarga Indonesia selama hampir 50 tahun. Anda bisa menikmati berbagai varian sambal ABC, seperti Sambal Manis Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Extra Pedas, Sambal Asli, dan Sambal Ayam Goreng.

Kemanapun dimanapun, Anda harus sedia Sambal ABC. Beli sekarang jangan sampai menyesal. Kunjungi web https://www.heinzabc.co.id/ sebelum membeli, untuk memilih varian Sambal ABC favoritmu!

Sumber
Litbang.pertanian.go.id
menpan.go.id  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya