Longsor Terjang Melawi Kalbar, Akses Jalan Desa Terputus

Longsor di Melawi Kalimantan Barat
Sumber :
  • VIVA/Destriadi Yunas Jumasani

Melawi – Bencana tanah longsor mengakibatkan akses jalan desa sempat terputus di Desa Tengkajau, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Ketua Satuan Tugas Informasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar Daniel mengatakan, tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kami mengimbau warga setempat tetap waspada dengan longsor susulan," kata  Daniel pada Selasa 13 Juni 2023.

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Peritiwa longsor tersebut dikatakan Daniel terjadi Senin, 12 Juni 2023 sekitar pukul 02.00 WIB. Sebelum kejadian diketahui selama dua hari hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Hasil pendataan ada 36 kepala keluarga yang mendiami wilayah bukit tersebut ikut terdampak longsor," ujarnya

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Daniel mengharapkan, pemerintah daerah setempat segera melakukan perbaikan-perbaikan akibat tanah longsor, seperti jalan desa dan pagar pemukiman warga. "Perlu juga dibuat tanggul penahan tanah atau barau," tuturnya.

Lanjut Daniel, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan adanya longsor susulan, karena tebing tanah rapuh dan kerikil sudah banyak berjatuhan. "Adanya retakan di lereng bukit yang sejajar dengan arah tebing. Retakan muncul biasanya setelah hujan," jelasnya.

Kemudian, halaman atau lantai rumah warga yang tiba-tiba amblas disusul dengan tiang listrik dan pohon miring.

"Jika dijumpai tanda alami seperti ini masyarakat harus segera berkoordinasi dengan pemerintah desa serta saling mengingatkan sesama warga lain," pungasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya