Bercanda Bawa Bom, Penumpang Super Air Jet Diamankan Petugas

Petugas bandara Ngurah Rai Bali mengamankan Ricky, penumpang Super Air Jet yang mengaku membawa bom.
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

Bali – Salah satu penumpang Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 787 rute Denpasar - Bandung - Medan diamankan petugas karena mengaku membawa bom sehingga membuat panik seluruh isi pesawat. Penumpang Super Air Jet bernama Ricky (23) mahasiswa asal Medan itu mengaku membawa bom di dalam tasnya yang ditaruh di kabin pesawat.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Co General Manager Bandara  Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Ruly Artha membenarkan adanya penumpang Super Air Jet IU 787 yang melakukan gurauan tentang adanya bom pada Kamis 15 Juni 2023 pukul 6:05 WITA.

"Pada tanggal 15 Juni 2023 dinyatakan betul sekali pada penerbangan Super Air Jet IU 787 tepatnya di jam 6:05 WITA terdapat penumpang yang melakukan gurauan terhadap  Bom," jelas Ruly Artha, Jumat, 16 Juni 2023.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Petugas bandara Ngurah Rai Bali mengamankan Ricky, penumpang Super Air Jet yang mengaku membawa bom.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Ruly menambahkan seluruh pengelola bandara dan tim aviation security bandara Ngurah Rai sangat serius menangani adanya gangguan bom yang disampaikan oleh salah satu calon penumpang Super Air Jet.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Kronologi

Sebelumnya, Ricky melakukan boarding ke pesawat Super Air Jet IU 787 rute Denpasar – Bandung – Medan dan duduk di kursi 24 E. Pada saat akan meletakan barang bawaannya (hand carry) berupa satu buah tas kain warna hitam ke OverHead Cabin (tempat barang di atas kepala penumpang), Ricky mengakumembawa bom saat ditanya pramugari.

 Mendengar jawaban Ricky, pramugari yang bernama Errin Ryandani menyampaikan kepada Ricky untuk tidak bercanda dengan menyebutkan kata-kata bom pada saat penerbangan, karena sangat sensitif dan bisa jadi masalah. Setelah mendapat peringatan dari Pramugari, Ricky menyampaikan permohonan maaf dan mengatakan hanya bercanda.

Pramugari itu melaporkan kejadian penumpang menyatakan membawa bom dalam pesawat kepada Captain In Command Frederikus Casakac, dan memerintahkan untuk menurunkan semua penumpang dan bagasi tercatat untuk dilakukan pemeriksaan ulang.

Pesawat Super Air Jet di Bandara. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

Kapten Frederikus Casakac menyuruh penumpang Super Air Jet IU 787 turun dan kembali ke Counter Check In dan melakukan pemeriksaan ulang. Sedangkan Ricky dibawa ke Kantor Avsec PT. Angkasa Pura I Ngurah Rai untuk diperiksa (interogasi).

Proses pemeriksaan ulang penumpang dan bagasi selama kurang lebih 85 menit. Setelah itu, Super Air Jet IU 787 diizinkan take off menuju ke Kualanamu Medan dengan transit terlebih dahulu di Bandung.

"Ricky diserahkan kepada petugas PPNS Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV untuk diproses lebih lanjut," jelas Ruly.

Dengan adanya peristiwa candaan Bom dari penumpang pesawat Super Air Jet IU 787 itu, situasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dipastikan tetap aman dan kondusif.

"Operasi penerbangan tetap berjalan dengan normal," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya