Praktisi: Perluas Pasar dengan Memanfaatkan Dunia Digital

Webinar Grow Your Market With Digital Marketing
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Praktisi Digital Marketing Rizqi Mulyantara HS mengatakan, diperlukan beberapa tahapan dalam menetapkan strategi marketing yang tepat yaitu, pertama dengan memilih target pasar apakah produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

"Kedua menentukan posisi usahamu bagaimana ingin dipandang oleh mereka, ketiga menegaskan marketing mix bagaimana caranya agar bisnis bisa mencapai pasaran yang telah ditargetkan seperti product, price, placement, dan promotion," ujarnya dalam webinar Grow Your Market With Digital Marketing dikutip Senin, 19 Juni 2023.

Rizqi yang juga merupakan CEO DigiTiket memberikan beberapa tips berjualan di sosial media, yakni kenali kebutuhan pengikut media, rajinlah berinteraksi dengan followers agar mereka merasa dekat dan tidak sungkan untuk memesan produk. Kemudian buat konten terkait produk atau usaha yang menarik secara konsisten.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

"Kemudian gunakan jasa pengelola iklan dan promosi dari media sosial agar membantu kita dalam meluaskan pasar dengan bantuan algoritma. Kita juga dapat memanfaatkan iklan digital yang akan berguna dalam menargetkan konsumen secara spesifik berdasarkan jenis kelamin, usia, kebiasaan berbelanja, lokasi domisili, dan lainnya," tambahnya.

Ilustrasi digital marketing.

Photo :
  • U-Report
Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Dosen Prodi Bisnis Digital Universitas Bali Internasional Vitalia Fina Carla Rettobjaan menghimbau kita perlu memahami bagaimana agar software yang kita gunakan aman, khususnya dalam berbisnis. 

"Keamanan digital tidak hanya untuk mengamankan data, melainkan melindungi hal-hal yang bersifat rahasia seperti password akun bisnis. Dalam hal ini, kita perlu memahami apa saja komponen agar data-data bisnis yang kita miliki tetap aman dan terjaga," terangya.

Misalnya, perangkat digital yang kita gunakan untuk mengelola bisnis harus memiliki keamanan password, face id, dan finger print. Dalam penggunaan media sosial, kita perlu menjaga data pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, hingga NIK. 

Diakhir sesi webinar Baiq Sekar Pertiwi selaku Entrepeneur/Digital Marketing menyampaikan cara menerapkan etika dalam meningkatkan pemasaran di dunia digital marketing adalah bisa berkomunikasi secara efektif, menjaga kredibilitas, selalu berhati-hati dalam berikap, serta selalu profesional saat menjalankan kerja sama. 

"Namun ada tantangan dalam menggunakan digital marketing dimana, perkembangan teknologi menciptakan banyak kompetitor, berubahnya pola masyarakat, hilangnya jati diri sebuah perusahaan, hingga cepatnya arus informasi. Untuk itu, kita perlu memanfaatkan momen, konsisten akan bisnis yang kita miliki, serta beradaptasi terhadap kecepatan untuk menguasai dunia digital," Lanjutnya.

Webinar dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan Webinar Literasi Digital di wilayah Bali, Nusa Tenggara dan sekitarnya yang dilaksanakan pada 16 Juni 2023.

Webinar mengusung tema Grow Your Market With Digital Marketing. Webinar ini sebagai bentuk peran aktif Kominfo dalam membantu meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kesadaran untuk memahami kapan dan bagaimana teknologi harus digunakan dengan tepat agar tetap efektif sehingga kehidupan sosial dan budaya masyarakat cenderung rukun dan kondusif.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital masyarakat indonesia Sejak tahun 2021-2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan literasi digital kepada 20.141.097 orang. Di tahun 2023 juga menargetkan 5.500.000 orang mengikuti kegiatan literasi digital pada tahun 2022, hingga tercapai 50 juta orang yang mengikuti literasi di bidang digital pada tahun 2024.

Kegiatan webinar ini diawali dengan sambutan  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dilanjutkan sambutan  Dirjen Aptika Kominfo Semuel A. Pangerapan, serta pemutaran video 4 pilar Literasi Digital, yaitu (Kecakapan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital) dilanjutkan dengan paparan materi Narasumber.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Untuk mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat dapat mengakses website literasidigital.id atau akun media sosial @literasidigitalkominfo (Instagram, Facebook & Youtube).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya