KPK Sita Mobil Land Cruiser dan Tas Mewah Andhi Pramono terkait Kasus TPPU

KPK Periksa Kepala Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita sejumlah barang mewah milik mantan kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono terkait dengan kasus gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Usut Kasus Pungli Rutan, KPK Panggil Mantan Wakil Ketua DPR

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa barang mewah Andhi Pramono yang sudah disita yakni mobil merk Land Cruiser VX-R V8 . 

"Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penyitaan terhadap beberapa aset yang dimiliki oleh tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) pejabat pada Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu)," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Selasa 20 Juni 2023.

Sebut Penetapan Tersangka Panji Gumilang Tidak Sah, Pengacara Beberkan Alasannya

Kemudian, Ali menjelaskan bahwa ada sebanyak tujuh tas mewah Andhi Pramono dari pelbagai merek yang juga disita penyidik usai melakukan penggeledahan.

Juru bicara KPK Ali Fikri

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

"Selain mobil, tim penyidik turut menyita tujuh buah tas mewah dari pelbagai merek kenamaan brand fesyen. Penyitaan ini merupakan tindak lanjut dari penanganan perkara yang saat ini sedang berlangsung di KPK tersebut," kata Ali.

Selanjutnya, KPK juga masih terus melakukan penelusuruan terkait dengan aliran dana yang dipakai oleh Andhi Pramono terkait kasus korupsi.

"KPK juga masih terus melakukan pengusutan terhadap aliran uang lainnya yang diduga telah digunakan oleh tersangka," ucap Ali.

"Penyitaan ini sejalan dengan optimalisasi pemulihan aset dari hasil tindak pidana korupsi yang selama ini dilakukan dan nantinya akan dikembalikan kepada kas negara," ujarnya.

Sebelumnya, mantan Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono datang ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kemarin. Ia datang ke KPK guna menjalani proses pemeriksaan sebagai tersangka kasus gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Berdasarkan pantauan di gedung merah putih KPK, Andhi Pramono datang seorang diri sekira pukul 10.02 WIB. Dia mengenakan pakaian kemeja putih di balut jaket hitam dan celana bahan hitam. Ia tampak mengenakan kacamata.

Andhi tiba di KPK tanpa mengucapkan sepatah kata pun terkait dengan pemeriksaan sebagai tersangka hari ini.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri turut membenarkan kedatangan Andhi Pramono di gedung lemambagai antirasuah hari ini. "Iya benar, yang bersangkutan hari ini diperiksa tim penyidik," kata Ali Fikri, Senin 19 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya