Hakim Ragukan Eks Pacar Mario Dandy Dirawat di RS: Ini Benar atau Tidak?

Sidang Mario Dandy dan Shane Lukas
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Majelis hakim sidang Mario Dandy dan Shane Lukas heran atas ketidakhadirannya saksi Anastasia Pretya Amanda dalam sidang penganiayaan berat berencana David Ozora. Saksi Amanda merupakan mantan pacar dari Mario Dandy.

Idap Gejala Stroke Akibat Diabetes, Willy Dozan Ungkap Kondisi Betharia Sonata: Sarafnya Lemah

Amanda awalnya tak bisa hadir karena beralasan tengah dirawat di rumah sakit lantaran mengalami batu ginjal.

Namun, ketua majelis hakim Alimin Ribut Sujono bingung dengan alasan tersebut yang dinilai tak masuk akal. Dia meragukan sakit Amanda.

Jaksa KPK Berencana Hadirkan Ahmad Sahroni di Sidang Kasus Korupsi SYL

"Kan tanggal 14 Mei sampai 14 Juni, 1 bulan. Tiba-tiba keluarnya tanggal 7 bulan Juni itu ada surat keterangan. Ini apakah di dalam (rumah sakit) atau nggak ini tak jelas kan. Apakah surat keterangan ini benar atau tidak?" kata hakim Alimin di ruang sidang, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 20 Juni 2023.

Mantan pacar Mario Dandy, Amanda (bermasker)

Photo :
  • VIVA/Foe Peace
SYL Sudah Siap Dipenjara Usai Terjerat Kasus Korupsi di Kementan: Berapapun Hukumannya

Hakim Alimin tak menampik ketidakhadiran Amanda disertai dengan surat sakit. Surat sakit itu tertulis dengan menjelaskan bahwa Amanda mengalami sakit pinggang, sariawan hingga nyeri perut.

"Ya ini memang tentu surat ini benar karena dibuat oleh dokter. Tapi, coba saudara (Jaksa) ke sini. Ini dalam perawatan atau tidak, emang ada fotonya, tapi kan. Ini kan sakitnya nyeri perut, pinggang, susah makan, sariawan," jelas hakim.

Hakim menjelaskan jika Amanda hanya menderita sakit pinggang. Maka itu, jaksa diminta mestinya bisa menghadirkan Amanda di persidangan Mario dan Shane.

"Riwayat penyakit sekarang masih sakit pinggang, itu kemarin sakit pinggang. Jadi, mohon dipastikan hadir," kata hakim.

Pihak jaksa pun merespons dengan meminta mengecek kesehatan Amanda terlebih dahulu sebelum menghadirkan sebagai saksi di persidangan. Jika terbukti sehat, maka Amanda akan dihadirkan di persidangan.

"Izin Yang Mulia, untuk saksi Anastasia Pretya Amanda itu akan kami panggil lagi dan kami akan membawa dokter dari rumah sakit Adhyaksa untuk mengecek kesehatannya," lanjut jaksa.

"Apa memang benar sakit atau tidak. Kalau memang sehat, kami akan bawa ke persidangan," ujar jaksa.

Pengakuan Ibunda Amanda

Ibu Anastasia Pretya Amanda, Opy Dewi hadir mengikuti jalannya persidangan Mario Dandy di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia mengakui bahwa kedatangannya itu karena ingin bertemu dengan jaksa penuntut umum (JPU).

Opy menjelaskan keinginannya menyampaikan bahwa hari ini sang putrinya tak bisa hadir dalam persidangan.

Ia menjelaskan mengupayakan Amanda tak menjadi saksi selama persidangan Mario Dandy dan Shane Lukas. Pasalnya, Amanda tengah dirawat di rumah sakit karena mengalami sakit batu ginjal.

Sebagai gantinya, Opy bersama dengan kuasa hukum Amanda akan mencoba untuk mengajukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) agar dibacakan di ruang sidang. Hal itu karena Amanda tak bisa mengikuti jalannya persidangan Mario dan Shane.

"Iya, kita mengajukan permohonan seperti itu," ujar Opy kepada wartawan, Selasa 20 Juni 2023.

Menurutnya, anaknya itu sudah menjalani pemeriksaan sebanyak dua kali di Polda Metro Jaya. Kata Opy, hal itu sudah mencukupi keterangan Amanda terkait kasus ini.

"Jadi kami berpikir bahwa itu sudah cukup bisa dibacakan. Karena itu semua ada BAP tambahan, BAP konfrontasi dengan Mario Dandy," kata Opy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya