Perkuat SDM Pertanian, Kementan Lakukan Ini Dengan Jepang

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi
Sumber :
  • Kementan

JakartaKementerian Pertanian atau Kementan, bakal menyiapkan tenaga kerja pertanian milenial Tanah Air yang akan bekerja di Jepang. Mereka adalah yang sudah tersertifikasi sehingga siap bekerja di sana tahun ini.

12 Militer Israel Tewas di Tangan Brigade Al-Qassam, Rumah Mewah Rp4,5 M Milik SYL Disita KPK

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan mahasiswa harus punya jiwa wirausaha, kreatif dan inovatif untuk membangun sektor pertanian. Guna mewujudkannya, Kementan bekerja sama dengan JA Hokkaido.

“Petani yang seperti itu (memiliki jiwa wirausaha tinggi) yang akan mampu menggenjot produktivitas sehingga ke depan produk kita bertambah bahkan bisa diekspor dan diterima di pasar internasional,” kata Dedi kepada wartawan, Rabu 21 Juni 2023.

Menteri PANRB Soal Sekolah Kedinasan: Jangan Percaya Ada Calo dan Bullying

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan, kehadiran anak muda harus memperkokoh harapan rakyat dan memperkuat kesiapan yang ada dalam menghadapi tantangan global.

“Kita percaya bahwa di tangan anak muda masa depan bangsa akan lebih baik lagi. Yang penting mereka mau melakukannya. Kita berharap dengan pertanian Indonesia jadi lebih baik lagi karena selama ini terbukti menjadi bantalan ekonomi. Pertanian yang paling siap menghadapi tantangan-tantangan apapun hari ini, besok dan masa yang akan datang,” ujar Syahrul.

Kata Ketua KPK soal Dugaan Pelanggaran Etik Nurul Ghufron

Director General Department of Agriuclture Hokkaido Government dalam sambutan mengaku senang ada pekerja dari Indonesia yang mau bekerja ke tempat mereka. Dia berharap ilmu yang didapat bisa dibawa dan diterapkan di Indonesia nantinya.

Adapun kerja sama yang dilakukan dengan JA Hokkaido yaitu meliputi magang bagi mahasiswa dan alumni Politeknik Pembangunan Pertanian lingkup Kementerian Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) sebagai solusi atas kurangnya tenaga kerja usia muda di Jepang.

MoU dengan JA Hokkaido, merupakan langkah awal Polbangtan dan PEPI menuju world class polytechnic. Diharapkan, Polbangtan dan PEPI dapat menjadi leader vocational agriculture di Indonesia. Tim BPPSDMP Kementan sendiri telah melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Jepang, dalam rangka mendapatkan dukungan dalam kerjasama kegiatan permagangan mahasiswa dan alumni Polbangtan serta PEPI.

Kedatangan Tim BPPSDMP Kementan diterima langsung oleh Perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Jepang. Dalam pertemuan tersebut, KBRI Jepang menyatakan siap mendukung upaya Kementan untuk memajukan anak bangsa.

“Hokaido tempat lumbung pangan, walau begitu petaninya sudah tua, jadi pekerjanya sudah kurang sekali. Kami mendengar akan ada pekerja-pekerja SSW dari indonesia dan kami akan senang untuk menerima mereka. Mereka akan belajar teknik-teknik pertanian di Hokkaido serta akan membawa ilmunya ke indonesia. Kami ingin win-win solution dengan indonesia. Di sini kami ingin juga membuat tempat bekerja yang mudah dan nyaman untuk para pekerja di bidang pertanian,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya