Karier Cemerlang Kompol Chuck Terjun Gegara Ferdy Sambo

Kompol Chuck Putranto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Jakarta – Kompol Chuck Putranto kembali menjadi anggota Polri. Jauh sebelum itu, Chuck sempat diputus dipecat dengan tidak hormat oleh komisi Etik Polri lantaran dituduh tertibat dalam perkara Obstruction of Justice pembunuhan Brigadir J. Kini, setelah menjalani sidang pidana dan ditahan dengan hukuman 1 tahun penjara telah dia lewati, Chuck akhirnya bebas dari tahanan.

KPK Segera Eksekusi Bupati Mimika Omaleng Usai Vonis Bebasnya Dianulir MA

Hari-hari terberat Chuck yang tak pernah terbayangkan sebelumnya bermula saat dia ditetapkan sebagai tersangka pada Agustus 20022 lalu dan menjalani tahanan di patsus hingga dipindah ke Rutan Polri.

Semua terjadi lantaran Chuck dianggap terlibat dalam kasus pembunuhan Yosua atau brigadir J yang bukan lain Ajudan Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Chuck Putranto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kedekatan Chuck dengan Ferdy Sambo sudah terjalin sejak sama-sama berdinas di Bareskrim Polri. Sebelum menjadi spri Ferdy Sambo, Chuck punya karier yang cemerlang di Polri.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Lulusan Akpol tahun 2006 itu sempat didapuk menjadi Kasat Reskrim Belitung Timur. Selanjutnya dipindah menjadi Kepala Sub Unit II Sub Direktorat III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kompol Chuck Putranto jalani sidang perdana Obstruction of Justice

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sinilah mulanya Chuck jadi anak buah Ferdy Sambo yang saat itu menjabat Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Polri, yang juga turut menjadi Pelaksana Harian Satgas TPPO.

Saat mengemban jabatan itu, Chuck dipercaya untuk bertugas di Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) pada 2017.

Satgas ini pernah mendapatkan Penghargaan Hassan Wirayudha yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Karier Chuck terus melesat hingga dilirik Sambo untuk menjadi anak buahnya lagi di Divisi Propam.

Chuck  ditempatkan di Biro Tanggung Jawab Profesi atau yang sering disebut Rowabprof hing akhirnya menjadi Spri Kadiv Propam Ferdy Sambo.

Sebelumnya, Chuck Putranto bebas dari penjara setelah ditahan kurang dari satu tahun. Kabar bebasnya Chuck diungkapkan langsung Oleh istri Chuck yakni Baby Utami di unggahan media sosial Instagram pribadinya.

“Alhamdulillah, sudah bebas (Karena) dapat potongan asimilasi Covid-19,” tulis Baby seperti dikutip VIVA, Rabu 28 Juni 2023. 

Momen Chuck Putranto bebas dan pulan ke rumah

Photo :
  • Instagram @babyutami

Baby juga menambahkan, Chuck tetap masih menjadi anggota Polri lantaran banding atas putusan komisi etik Polri yang memutuskan Chuck untuk dipecat dengan tidak hormat dibatalkan. 

“Banding (PDTH) juga diterima, didemosi 1 tahun,” tulis Baby lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya