Kisah Si Bawor, Sapi Terberat 1,3 Ton di Sumut Kalahkan Sapi Jokowi

Bawor, Sapi kurban ukuran 1.3 ton terberat di Sumatera Utara
Sumber :
  • B.S. Putra (Medan)

Sumatera Utara - Seekor sapi dengan jenis brahman yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, menjadi pusat perhatian warga Medan, Sumatera Utara (Sumut). Karena memiliki bobot berat tubuhnya mencapai 1,3 ton. Sapi itu, disembelih di halaman belakang The Clinic Beautylosophy, Jalan Skip, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis 29 Juni 2023.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Sapi diberikan nama Bawor diklaim hewan kurban yang terberat di Sumatera Utara dan mengalahkan sapi milik Presiden Joko Widodo, yang dikurbankan di Kota Medan, dengan berat 1,2 ton. 

Bawor dibeli oleh dr Arya Tjipta Sp.BP-RE, yang merupakan pemilik The Clinic Beautylosophy Medan. dr Arya mengungkapkan bersama keluarganya memberikan hewan yang terbaik, dibagikan kepada 700 kepala keluarga di Kota Medan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

"Rencananya daging kurban akan dibagi ke 700 KK dan beberapa untuk fakir miskin serta anak yatim piatu," ucap dr Arya kepada wartawan di The Clinic Beautylosophy, Jalan Sekip, Kota Medan.

Bawor, Sapi kurban ukuran 1.3 ton terberat di Sumatera Utara

Photo :
  • B.S. Putra (Medan)
Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Menurutnya, kurban adalah memberikan sesuatu yang terbaik dan ikhlas. Jadi, sapi brahman ini adalah persembahan terbaik yang bisa diberikan secara pribadi bersama keluarga.

"Kita persembahan yang terbaik, Insya Allah. Tahun-tahun sebelumnya saat kurban tidak terlalu besar seperti ini. Dan ini mungkin yang terbesar yang pernah saya kurbankan secara pribadi," ucap Arya.

Arya mengungkapkan bahwa sapi ini, dibeli dari peternakan berada di Dusun V, Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Namun, proses pembelian hewan kurban melalui proses, dengan mengecek keseluruhan sapi tersebut.

Sapi ini, tambahnya, didapat dari daerah Tanjung Morawa dan ternyata di Sumatera Utara ada peternak sapi yang bisa mengembangkan dari mulai lahir hingga memiliki berat 1,3 ton.

"Ini luar biasa karena bukan hanya bisa didapat di Jawa. Ternyata ada, Alhamdulillah, ini menunjukkan peternak di Sumut hebat-hebat, bisa membuat sapi dengan memiliki bobot 1,3 ton dan makanannya organik," jelas Arya.

Peternak sapi tersebut, Sugianto mengungkapkan bahwa Bawor pada Idul Adha 2022, lalu. Hendak dibeli Presiden Jokowi, yang sudah turun melakukan pengecekan. Namun, tidak diketahui penyebabnya, Jokowi batal membeli sapi tersebut.

"Di 2023 sudah dipinang oleh dr Arya, usia sapi bernawa Bawor ini sudah 5 tahun dan bobotnya di atas 1 ton (1.340 kg). Ini yang paling tua," ucap Sugianto.

Sugianto mengatakan sapi dengan jenis sama, juga dimiliki kandangnya. Namun, bobot tubuhnya belum sampai 1 ton. Namun, Idul Adha 2024, bisa tembus di atas 1 ton lebih.

"Ada di kandang berusia 3 tahun dan beratnya sekitar 900 kg dan belum ada yang meminang, silahkan jika ada yang berkenan untuk kurban tahun depan," kata Sugianto.

Sementara, hewan kurban milik Presiden Joko Widodo pada Idul Adha Tahun 2023, untuk disembelih di Kota Medan. Lokasi pemotongan sapi milik orang nomor satu di Tanah Air di Masjid Agung, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan.

Sapi yang akan dikurbankan presiden Jokowi tersebut berjenis Limousin dengan bobot 1,2 ton dengan usia 3 tahun 8 bulan yang dibandrol sebesar Rp 90 juta.

Sapi tersebut di beli dari seorang peternak bernama Rahmat berasa di Desa Tandam Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya