3 Hari di Mina, 50 Jemaah Haji Wafat Mayoritas Lansia

Sejumlah jemaah haji asal Indonesia dirawat akibat beberapa penyakit dan kelelahan
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Pujiastuti

Mina – Perjuangan para jemaah haji menjalankan ibadah Puncak Haji 1444H/ 2023M membutuhkan banyak tenaga. Setelah menjalani wukuf di Arafah, dilanjutkan bermalam di Muzdalifah beratapkan langit, disambung kembali dengan perjalanan mabit di Mina hingga melontar jumroh di Jamarat, membuat banyak jemaah kelelahan. Saat berada di Mina, jumlah jemaah wafat pun bertambah.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Diungkapkan oleh Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia Daerah Kerja Mekkah, dr Thafsin Alfarizi, sebanyak 500 jemaah dirawat sejak pos kesehatan di Mina dibuka. Kemudian angka kunjungan baik itu diobservasi maupun dirujuk ke Rumah Sakit Mina mencapai  350 orang. 

"Nah, ini dalam tiga hari ini. Besok kita ke RSAS, Mina akan ditutup, kita akan upayakan jemaah-jemaah yang tadi sudah stabil dan kondisinya sudah membaik kita akan evakuasi ke KKHI Mekkah atau kita kembalikan ke kloternya yang saat ini sebagian sudah ada di Mekkah," ujar Alfarizi, Jumat waktu setempat, 30 Juni 2023.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Jemaah Haji Indonesia tiba di Arafah

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Alfarizi berharap pergeseran jemaah haji dari Mina ke hotel hari ini bisa berjalan lancar. Artinya, kata Alfarizi diupayakan teman-teman petugas PPIH Arab Saudi di kloter juga akan mulai berpindah setelah magrib.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Sejak Jumat, pasien yang berada di Pos Kesehatan Mina masih ada 21 orang. Alfarizi memperkirakan jumlahnya akan bertambah karena masih ada sebagian jemaah haji kloter ini, masih 50 persen yang tertinggal dijemput di Nafar Tsani. 

"Kemudian di RSAS Mina itu kurang lebih 50 jemaah. Nanti kita lihat bila kondisinya masih tidak bisa memungkinkan dibawa oleh kita maka mereka akan dievakuasi oleh RS Mina ke RSAS di Mekkah."

Apabila kondisinya sudah memungkinkan, kata Alfarizi, RS Mina akan meminta KKHI melakukan evakuasi menggunakan ambulans dibawa ke KKHI Mekkah atau pemondokan di Mekkah.

jemaah haji Indonesia

Photo :
  • Humas Kemenag

Ia berharap, kondisi pasien terus membaik sehingga kondisi jemaah bisa dikembalikan ke kloter atau dirujuk ke rumah sakit. Apabila ada yang kondisinya berat, petugas sudah menyiapkan rujukan ke RS di luar Mina, misal RS Annur di Mekkah.

Jemaah wafat

Selama tiga hari di Mina, katanya, jumlah jemaah yang wafat mencapai 50 orang. Jemaah yang wafat kebanyakan karena penyakit jantung, syok kardiogenik. 

Alfarizi merinci, jemaah yang wafat di tenda atau maktab sebanyak 27 orang, wafat di RSAS sekitar Mina 17 orang, di Pos Kesehatan Mina 4 orang, dan 2 orang di perjalanan, jadi total 50 orang.

Jemaah yang meninggal, di antaranya akibat penyakit jantung, penyakit pernapasan, heatstroke. "Ini yang menjadi empat besar atau lima besar jemaah haji kota yang wafat pada periode Mina. Mayoritas lansia."

Yang menjadi puncak banyaknya jemaah haji yang tumbang di Mina, kata Alfarizi, pada 10 Dzulhijjah setelah jemaah dari Muzdalifah mau bergeser masuk ke Mina. "Kurang lebih tengah malam banyak sekali setelah itu. Tapi kita, waktu pertama, kita belum ada karena jemaah haji tanggal 9 masih di Arafah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya