Brigjen Endar Priantoro Comeback ke KPK, Bakal Tindak Lanjut Kasus Formula E?

Brigjen Endar Priantoro kembali bertugas di KPK
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Brigadir Jenderal Endar Priantoro saat ini sudah kembali menjadi bagian dari lembaga antikorupsi Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Pemberhentian hingga pengembalian Brigjen Endar pun menjadi polemik sejumlah petinggi di KPK.

Pernah Ditangkap KPK Terjerat Kasus Suap, Abah Anton Daftar Lagi Pilwali Malang Lewat PKB

Lantas apakah ini akan berpengaruh kepada kasus Formula E yang saat ini masih dalam tahap penyelidikan?

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur pun menjelaskan bahwa terkait dengan kembalinya Brigjen Endar sebagai Direktur Penyelidikan KPK, akan menguatkan penegakan hukum tindak pidana korupsi.

Hard Gumay: Sandra yang akan Menyerah dan Memilih Berpisah

"Itu menguatkan penegakan hukum tindak pidana korupsi, tidak hanya untuk Formula E," kata Asep di KPK pada Kamis 6 Juli 2023.

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id
KPK Segera Eksekusi Bupati Mimika Omaleng Usai Vonis Bebasnya Dianulir MA

Asep pun menjelaskan bahwa saat ini Endar Priantoro sudah menjadi pegawai defentif setelah dirinya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt). 

Ia juga mengatakan bahwa penyelidikan kasus di lembaga antirasuah itu tidak ada tebang pilih. Pasalnya, semua kasus korupsi adalah hal yang sangat penting untuk diberantas.

"Tidak ada kasus yang diprioritaskan tiap perkara ini prioritas semua. Cuman kenapa ada yang lama dan cepet itu tergantung dari kecukupan bukti saja. Kalau bukti-bukti nya itu cepat kita temukan maka akan lebih cepat juga perkara itu kita selesaikan, jadi tidak ada oh ini prioritas, tidak," kata Asep.

Kembalinya Endar Priantoro ke Direktur Penyelidikan KPK memang sangat dinantikan. "Kita tunggu setelah Pak Endar ini masuk tentu akan lebih banyak termasuk nanti kan OTT di penyelidikan ya," tuturnya.

Sebelumnya, Brigjen Endar sudah kembali mendatangi gedung merah putih KPK usai dinyatakan surat keterangan (SK) pemberhentiannya dibatalkan. Endar pun mendapatkan tepuk tangan riuh dari pegawai KPK ketika kembali tiba di gedung lembaga antikorupsi pada Rabu 5 Juli 2023.

Kendati demikian, kedatangan Endar Priantoro kemarin tak menemui satupun petinggi KPK. Ia mengaku hanya bertemu dengan sejumlah penyidik.

"Kebetulan pimpinan hari ini hanya ada dua sehingga Pak Alex (Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata) tadi sama Pak Tanak (Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak) belum ketemu saya," ucap Endar.

Brigjen Endar menerangkan, dirinya hendak menemui pimpinan KPK dalam rangka melapor melaksanakan tugas. Untuk itu, dia menyampaikan, rencana pertemuan dirinya dengan pimpinan KPK akan diatur kembali jadwalnya.

"Nanti akan dicari waktu yang tepat sehingga saya bisa bertemu dengan kelima orang pimpinan ini," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya