Pesantren Gontor: Panji Gumilang Pernah Belajar di Sini, Tapi Tak Lulus

Panji Gumilang, Pemeriksaan di Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pondok Pesantren Gontor membantah dengan keras Panji Gumilang pernah menyelesaikan pendidikan di sana. Pernyataan ini menyusul beredarnya kabar Pimpinan Pesantren Al Zaytun itu disebut alumni tahun 1966.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Dosen Unida Gontor, Bambang Setyo Utomo mengatakan Panji pernah belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tapi dia tidak menyelesaikan pendidikannya, dalam kata lain tidak sampai lulus.

Panji Gumilang usai diperiksa Bareskrim Polri

Photo :
  • Ist
Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

“Beliau (Panji Gumilang) pernah belajar di Gontor, tapi tidak lulus Gontor,” ujar Bambang kepada wartawan di Jawa Timur, Jumat, 7 Juli 2023.

Saat diminta penilaiannya soal kontroversi Panji Gumilang, Bambang enggan berkomentar lebih jauh. Meski begitu, dia mengungkap, nama Panji Gumilang masih jadi pembahasan para Kiai PMDG di setiap pertemuan.

Mengintip 7 Fakta Menarik Prodi Manajemen Universitas Atma Jaya

“Kemarin waktu perkumpulan dengan guru-guru sudah disinggung terkait ini. Masih dipertimbangkan untuk klarifikasinya," kata Bambang.

Bambang masih menunggu hasil pembahasan yang dilakukan para Kiai PMDG terkait pernyataan kontroversi yang diucapkan Panji Gumilang.

"Sampai hari ini kita tidak menanggapi pernyataan beliau," kata Bambang.

Bambang ogah gegabah dalam mengambil langkah, sesuai komitmen awal, Gontor ingin memberikan tanggapan yang sesuai dengan ajaran Islam.

"Informasi lebih lanjut kami sampaikan lagi nanti. Masih dikoordinasikan dengan para Kiai," pungkasnya

Untuk diketahui, Panji memang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) usai menamatkan Sekolah Rakyat (SR) di Gresik, namun dia tidak menamatkan pendidikannya di PMDG.

Setelah mondok di Gontor, dia melanjutkan kuliah Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga menjadi pimpinan Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Panji Gumilang, Pemeriksaan di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya