8 Pejabat yang Pernah Kunjungi Pondok Pesantren Al Zaytun

ponpes Al Zaytun
Sumber :
  • vstory

Indramayu – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun masih menjadi sorotan belakangan ini. Apalagi pernyataan kontroversi pimpinannya, yakni Panji Gumilang yang menuai kritikan.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Ponpes Al Zaytun ini rupanya juga dekat dengan pemerintah. Diketahui bahwa sederet pejabat pernah berkunjung ke Ponpes tersebut. Lantas, siapa sajakah pejabat yang pernah ke Ponpes Al Zaytun? Dikutip dari tvOnenews, berikut daftarnya.

1. Moeldoko

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

VIVA Militer: KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko cek Posko Kogabpadpam KTT ASEAN

Photo :
  • Puspen TNI

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dikabarkan pernah menyambangi Ponpes Al Zaytun yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat. 

Kemenpora: Proses Transisi Pemerintahan Harus Diisi Gagasan Segar Anak Muda

Saat itu Moeldoko memberi sambutan dalam acara 1 Muharram 1444 H atau 30 Juli 2022. Rupanya itu bukan kali pertama. Ia mengaku sudah dua kali di undang ke Ponpes Al Zaytun untuk memberikan ceramah kebangsaan.

Menurutnya, kala itu, norma-norma kebangsaan serta nilai-nilai Pancasila di Ponpes Al Zaytun masih berjalan dengan baik.

2. AM Hendropriyono

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono berdoa di kereta.

Photo :
  • IG Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono rupanya juga pernah berkunjung ke Ponpes pimpinan Panji Gumilang itu.

Kala itu, mertua mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa itu berkunjung ke Ma'had Al Zaytun Indramayu, Jawa Barat pada 13 Mei 2003. Ia datang untuk mewakili Presiden RI Soekarnoputri.

16Dalam video yang beredar, Hendropriyono tak ragu untuk menyanjung Panji Gumilang dan menyebutnya sebagai sahabat.

3. B.J Habibie

BJ Habibie

Photo :
  • U-Report

Presiden ke-3 Bacharudin Jusuf Habibie juga pernah berkunjung ke Ponpes Al Zaytun. Saat itu B.J Habibie datang untuk meresmikan Ponpes Al Zaytun pada 27 Agustus 1999.

Selain menandatangani prasasti peresmian Ponpes yang disaksikan Gubernur Jawa Barat yang saat itu Nuriana dan Menteri Agama Malik Fajar, Habibie juga bercengkrama dengan para santri.

4. Anas Urbaningrum

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

Mantan anggota DPR RI Anas Urbaningrum pernah datang ke Ponpes Al Zaytun pada 17 Maret 2011. Kala itu, Anas Urbaningrum masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Politisi yang pernah terjerat kasus korupsi itu didampingi oleh sekjennya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

5. Suryadharma Ali

Terpidana kasus korupsi penyelenggaraan dana haji pada 2010-2013 dan penggunaan dana operasional menteri, Suryadharma Ali.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Pejabat lain yang pernah berkunjung ke Ponpes Al Zaytun yakni mantan Menteri Agama Suryadharma. Ketika itu ia masih menjabat sebagai Menteri Agama pada 11 Mei 2011.

Kunjungan itu dilaksanakan di tengah mencuatnya kontroversi hubungan Ponpes Al Zaytun dengan gerakan Negara Islam Indonesia (NII).

6. Edhie Baskoro Yudhoyono

Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Photo :
  • Istimewa

Putra kedua mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini pernah berkunjung ke Ponpes Al Zaytun. Dalam kunjungannya itu, Edhie Baskoro Yudhoyono mendampingi Anas Urbaningrum sebagai ketua Umum Partai Demokrat periode 2010-2013.

7. Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud

Selanjutnya ada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Disebutkan bahwa Jusuf Kalla pernah dua kali berkunjung ke Ponpes Al Zaytun. Salah satunya saat dirinya masih menjadi Menteri.

8. Akbar Tandjung

Akbar Tandjung Bicara Politik Tanah Air

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Pejabat lain yang pernah ke Ponpes Al Zaytun yakni Akbar Tandjung. Kunjungan itu dilakukan saat dirinya masih menjabat jadi Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar.

Bahkan, sebuah gedung olahraga di komplek pesantren tersebut diberi nama 'Gedung Akbar Tandjung'

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya