MIND ID Gelar Kompetisi Karya Jurnalistik 2023

Mind ID.
Sumber :
  • Dokumentasi Mind ID.

Jakarta – PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) kembali menggelar kompetisi karya jurnalistik untuk para jurnalis di seluruh Indonesia. 

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Dalam kompetisi MediaMIND 2023 kali ini bertema “Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia”. Terdapat empat sub tema yakni Industri, Komoditas, Ekonomi dan Bisnis, serta ESG (Environmental Social Governance).

“Tema tersebut sesuai dengan kontribusi MIND ID beserta anggota holding. Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan nilai tambah untuk Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Senin, 24 Juli 2023.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Untuk sub tema Industri, para jurnalis bisa mengirimkan karya terkait teknologi dan inovasi di lingkungan MIND ID beserta anggota. Pada sub tema Komoditas, karya jurnalistik meliputi kinerja produksi Grup MIND ID, serta proyek strategis yang dikerjakan, termasuk di dalamnya program hilirisasi dan proyek smelter.

ilustrasi jurnalis

Photo :
Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Kemudian sub tema Ekonomi dan Bisnis, fokus karya jurnalistik terkait kinerja keuangan dan sumbangsih Grup MIND ID untuk ekonomi nasional dan daerah. 

Sedangkan untuk sub tema ESG (Environmental Social Governance), fokus karya jurnalistik terkait program keberlanjutan (sustainability) dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Ada empat kategori yang dilombakan yaitu karya tulis Hard News, Feature, Video Berita, dan Foto. Setiap jurnalis bisa mengirimkan karyanya yang telah dimuat di media massa masing-masing dalam periode Desember 2022 hingga September 2023.

Heri menambahkan, pengumpulan karya dilakukan dari 24 Juli hingga 14 September. Setelah itu akan dilakukan seleksi karya secara administrasi pada 16-18 September dan diberikan kepada juri pra seleksi.

“Dari seluruh karya yang masuk, akan ditentukan 33 finalis yang kemudian akan mengikuti program site visit ke anggota holding MIND ID,” katanya.

Ketika melakukan kunjungan ke site tersebut, para jurnalis kembali membuat karyanya yang akan dinilai oleh dewan juri. “Dari sinilah kemudian kami akan menentukan para pemenangnya dengan total 9 pemenang dan 3 best of the best yang kemudian akan diundang ke acara Malam Anugerah MediaMIND 2023 pada awal Desember 2023,” kata Heri.

MediaMIND merupakan ajang kompetisi jurnalistik yang digelar MIND ID dengan menggandeng LKBN Antara. Pada penyelenggaraan kedua ini, total hadiah mencapai Rp306 juta.

Tahun ini, MIND ID menunjuk empat jurnalis senior dan seorang pengamat pertambangan untuk menjadi dewan juri. 

Mereka adalah Oscar Motuloh (Kurator Independen, Founder Matawaktu.org), Arif Zulkifli (Anggota Dewan Pers sekaligus Direktur Utama Tempo Media), Zen RS (Pemimpin Redaksi Narasinewsroom), Titin Rosmasari (Pemimpin Redaksi CNN TV Indonesia), dan Singgih Widagdo (Ketua Indonesian Mining & Energy Forum - IMEF).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya