Pesan Mahfud MD ke Bali Tower, Pemilik Kabel yang Bikin Celaka Sultan

Menko Polhukam Mahfud MD kunjungi Sultan.
Sumber :
  • Foe Peace Simbolon/VIVA.

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan, Mahfud MD berpesan ke Bali Tower selaku pemilik kabel menjuntai yang membuat mahasiswa bernama Sultan Rif'at Alfatih celaka hingga tidak bisa bicara.

Deretan Pilihan Mobil Baru Tahun 2024 dengan Harga Rp 100 Jutaan

Dia menyarankan bahwa melakukan pendekatan dengan cara yang lebih manusiawi ke pihak keluarga Sultan. Hal itu ia katakan usai menjenguk Sultan yang kini dirawat di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur sore ini. Mahfud sendiri adalah sosok yang dimintai tolong oleh Sultan dalam suratnya selain Presiden Joko Widodo.

"Nah untuk PT Bali Tower, menurut saya memang perlu saling pendekatan yang lebih manusiawi, kekeluargaan, tidak ada lagi bicara formalitas uang, formalitas hukum, keadilan, dan sebagainya," ucap Mahfud kepada wartawan, Jumat 4 Agustus 2023.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Mahasiswa bernama Sultan Rifat Alfatih yang terjerat kaber fiber optik

Photo :
  • Istimewa

Mahfud mengatakan, bagaimanapun juga kasus lebih baik coba diselesaikan dulu dengan mediasi. Berdasar pertemuan dengan pihak keluarga, Mahfud mengatakan mereka mau diajak bicara sebagai sesama manusia oleh Bali Tower. Mereka tidak mau langsung ambil langkah hukum buat laporan polisi. Sehingga, Mahfud menyarankan Bali Tower melakukan komunikasi dengan baik-baik.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 8 Mei 2024

"Kalau hukum tuh yang paling bagus mulai dengan mediasi, selesai dengan mediasi, kedua pihak ketemu, lalu mau apa dan bagaimana, itu nomor satu. Kalau hukum kan, hukum itu kan mengakhiri konflik sebenernya. Kalau sampai ke pengadilan atau berperkara itu kan karena konfliknya tidak selesai dengan cara baik-baik, sehingga harus lembaga pengadilan yang mengurus," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Metro Irjen Pol Karyoto sudah memberikan atensi terhadap mahasiswa asal Universitas Brawijaya, Sultan Rif'at Alfatih (20), korban kabel fiber optik yang terjuntai. Sultan akhirnya diberangkatkan ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur bersama dengan Dokkes Polri.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Ade Ary Syam Indardi bersama dengan Kabid Dokkes Polda Metro Jaya, Hery Wijatmoko mengunjungi langsung rumah Sultan guna melihat kondisinya. Selanjutnya, Sultan langsung dibawa ke Rumah Sakit Polri.

Sebagai informasi, seorang mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur bernama Sultan Rif'at Alfatih (20) mengalami nasib nahas usai dirinya terjerat kabel fiber optik di pinggir jalan kawasan Jalan Antasari, Jakarta Selatan tepat di bagian lehernya. Nasib nahas yang menimpanya itu kini dirinya tak bisa kembali berbicara dengan suara lantang.

Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

Ayah Sultan, Fatih (49) mengatakan bahwa mulanya Sultan izin kepada dirinya ingin pergi bersama teman-teman SMA untuk keliling menggunakan motor. Sultan izin kepada sang ayah tercintanya itu pada 5 Januari 2023 sekira pukul 22.00 WIB.

Fatih menuturkan, pada awal kejadian ada mobil dengan pelat nomer SUV yang mengantre di depan motor Sultan. Tanpa disadari, ada sebuah kabel yang menjuntai atau mengendur. Kemudian kabel tersebut pun tersangkut di mobil SUV itu.

"Kemudian harusnya lagi ngantre dan ada kabel yang melintang, tapi anak saya gak tahu ada kabel melintang karena di belakang mobil," kata Fatih.

Fatih menyebut kabel yang menjuntai di kawasan Jalan Antasari Raya itu terbawa jauh oleh mobil SUV. Namun, kabel tersebut meski sudah tersangkut di mobil SUV yang dimaksud itu tidak putus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya