4 Nelayan yang Hilang di Pantai Gladak Tulungagung Ditemukan Tewas

Petugas mengevakuasi jenazah korban tenggelam di Pantai Gladak Tulungagung.
Sumber :
  • Basarnas Surabaya

Tulungagung – Tim SAR gabungan berhasil menemukan empat nelayan yang hilang setelah perahu mereka dihempaskan ombak lalu bertabrakan di Perairan Pantai Gladak, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, pada Rabu, 9 Agustus 2023. Sayangnya, keempat korban ditemukan meninggal dunia.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Surabaya, M Hariyadi, mengatakan, keempat korban ditemukan pada hari kedua pencarian. Dua jasad korban atas nama Hendy Purnomo dari Perahu Exel dan Mukono dari Perahu Wilwo ditemukan sekira pukul 11.30 WIB.

Satu jam kemudian, jasad korban ketiga atas nama Kukuh dari Perahu Exel berhasil ditemukan. Adapun jasad korban keempat, yakni Suparni yang merupakan ABK Perahu Wilwo ditemukan pada pukul 13.20 WIB.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Keempat jasad korban, lanjut Hariyadi, kemudian dievakuasi ke Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek. “Korban kemudian diserahkan ke pihak keluarga,” ujarnya.

Ilustrasi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan ombak besar

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Diberitakan sebelumnya, dua perahu di Perairan Pantai Geladak, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabuten Tulungagung, Jawa Timur, tenggelam setelah dihantam ombak besar pada Senin kemarin. Empat nelayan di dua perahu tersebut selamat, sementara empat nelayan lainnya hilang tenggelam.

Petugas dari Posbinpotmar Trenggalek, Sersan Kepala Agus Muklason, menjelaskan, kedua perahu nahas itu ialah EXL dan Wilwo yang masing diawaki empat nelayan. Dua perahu tersebut berangkat dari PPN Prigi pada Senin sekira pukul 16.00 WIB untuk mencari ikan ke Perairan Pantai Gladak.

Kedua perahu itu sampai di lokasi pencarian ikan sekira pukul 21.00 WIB. "Saat menyerok ikan teri di Perairan Gladak, tiba-tiba perahu terhempas ombak dan kedua perahu tersebut terbalik," ujar Serka Agus kepada VIVA Jatim, Selasa, 8 Agustus 2023.

Dua korban, yakni Imam Bonjol dari Perahu EXL dan Aris dari Perahu Wilwo, selamat setelah ditolong nelayan bernama Abas. Nelayan penolong bersama kedua korban lalu kembali ke PPN Prigi.

Sementara korban bernama Rokim dari Perahu EXL dan Abu Siswoyo dari Perahu Wilwo juga selamat setelah berenang dan berhasil mencapai daratan. "Keduanya berhasil selamat dan dievakuasi, dibawa ke Polsek Tanggunggunung," papar Agus.

Menerima informasi bahwa ada korban yang masih hilang, tim Basarnas Pos SAR Trenggalek kemudian melakukan pencarian pada Selasa, 8 Agustus 2023, sekira pukul 07.00 WIB. Tim bergerak dari Posko Pantai Si e Kabupaten Tulungagung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya