Bayi Tertukar Selama 1 Tahun di Bogor, Ibu Asli Tolak Tes DNA

Rusdy Ridho pengacara dari Siti Mauliah, ibu yang diduga bayinya tertukar, lapor ke Polres Bogor
Sumber :
  • Muhammad AR/Bogor

Bogor – Siti Mauliah bersama kuasa hukumnya, Rusdy Ridho memilih melaporkan kasus bayinya tertukar saat persalinan di RS Sentosa setahun lalu ke Kepolisian Resor Bogor, Jumat 11 Agustus 2023.

2 Eksekutor Pembakar Rumah Wartawan di Karo Terima Upah Rp 1 Juta

Setelah terbukti hasil DNA bayi yang dirawatnya bukan anaknya, mediasi pun dilakukan rumah sakit namun pasien berinisial B yang diduga bayinya tertukar dengan Siti menolak melakukan tes DNA.

"Yang dipegang kilen kami ini bayi orang lain. Yang punya si ibu enggak tahu ada di mana sekarang ini. Jadi kita minta ke rumah sakit untuk bertanggung jawab, mencoba menghadirkan pihak yang satu lagi, namun pihak satu lagi nggak mau tes DNA. Akhirnya kita buat aduan ke Polres Bogor unit PPA untuk minta penyelesaian dari kepolisian," kata Rusdy.

Siti Mauliah, ibu yang diduga bayinya tertukar di rumah sakit Bogor

Photo :
  • Muhammad AR/Bogor
Yudha Arfandi Didakwa Pasal Pembunuhan Berencana, Mau Habisi Dante Sejak 2 Januari 2024


Rusdy mengungkapkan, telah melakukan mediasi pasien berinisial B yang membawa bayi ibu Siti berjenis kelamin laki-laki. Namun pihak pasien yang membawa bayi ibu Siti menolak untuk tes DNA.

"Sudah, rumah sakit sudah melakukan mediasi, tapi kan masih praduga, karena yang baru tes DNA baru pihak klien saya aja. Hasilnya betul bukan anak dia, kalau pihak satu lagi belum tes DNA. Intinya, bayi yang satu lagi kita belum tahu ada di mana. Kalau klien kami sudah jelas itu bukan bayi dia," jelasnya.

Lanjut Rusdy, sejak awal pihak RS memberitahukan dan membenarkan terjadi ada bayi tertukar. Namun diduga ada kelalaian perawat sehingga mengakibatkan bayinya tertukar hingga baru ditangani satu tahun lamanya.

"Ini kan enggak berlarut-larut. Cuman ini kan ketika itu, suster tidak menyebutkan bayi tertukar, hanya gelang saja yang tertukar. Setelah itu manajemen dari RS ini yang berlarut-larut, tidak ada tindakan cepat, sehingga kasus tertukar ini sampai setahun lebih," jelasnya.

Usai melaporkan kasus ini ke kepolisian, kuasa hukum dan pihak keluarga berharap kasus ini bisa diselesaikan.

Terima kasih atas kehadiran teman-teman "Sehingga kasus ini bisa diketahui hal layak, dan terimakasih kepada Bapak Kapolres Bogor, Pak Kasat Reskrim yang cepat atas kasus ini. Dari kami mudah-mudahan dengan adanya pengaduan ini tim  PPA dapat mengungkap dan segera mengetahui yang sebenarnya ada di mana karena selama ini kami hanya praduga, kami butuh penyelidikan Polres Bogor. Kami minta doanya agar kasus ini cepat selesai. Sekarang kita menunggu penyelidikan dari Unit PPA," kata Rusdy.

Pihaknya juga akan menggugat rumah sakit Sentosa atas kelalaian yang menyebabkan anak ibu Siti tertukar.

"Dan pasti kita akan menggugat secara perdata atas kerugian  yang sudah dialami klien kami," jelasnya.

Ortu Siswa Tutup Gerbang SMPN 1 Cibinong Pakai Fortuner

Mengungkap Status Fortuner Milik Ormas yang Bikin Susah Polisi

Baru-baru ini viral di media sosial Toyota Fortuner milik anggota organisasi masyarakat, atau ormas menghadang pintu Sekolah Menengah Pertama Negeri, atau SMPN 1 Cibinong

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2024