3 Polisi Dikabarkan Ditangkap terkait Karyawan KAI yang jadi Teroris

Sosok karyawan KAI tersangka teroris
Sumber :
  • Humas Polri

Jakarta- Sebanyak tiga orang oknum anggota Polri dikabarkan dicokok terkait kasus yang menyeret DE (28), karyawan PT KAI yang diduga terlibat aksi terorisme.

Polisi Bakal Panggil Lagi Korban Perundungan SMA Binus Jaksel, Ada Apa?

Salah satu polisi yang terlibat diduga anggota Polda Metro Jaya. Terkait hal ini, Polda Metro Jaya sendiri belum banyak bicara. Direktur Reserse Kriminial Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi mengatakan kalau pihaknya bakal membeberkan hal ini dalam ekspose kasus sore ini.

"Nanti sore kita rilis awal," ujar dia kepada wartawan, Jumat 18 Agustus 2023.

Komjen Wahyu Bakal Miskinkan Bandar Narkoba

Sosok karyawan KAI tersangka teroris

Photo :
  • Humas Polri

Sebelumnya diberitakan, Detasemen Khusus (Densus) 88 mengatakan, DE, tersangka teroris yang ditangkap di Bekasi, lebih dulu bersumpah setia atau baiat kepada ISIS sebelum menjadi karyawan PT KAI. Baiat itu dilakukan DE pada 2014.

Tragedi Kebakaran Cipinang 3 Balita Meninggal Terkunci di Kamar, Polisi Ungkap Kronologinya

"Ya, jadi dari catatan tentang status karyawannya, dia itu bergabung 2016 sebagai karyawan PT KAI," ujar Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023.

Selain baiat ke ISIS, DE juga pernah bergabung dengan jaringan Mujahidin Indonesia Barat pimpinan WM yang sudah pernah ditangkap tetapi jemaahnya bubar dan menyebar, salah satunya DE.

"Jadi, setelah dia awal tadi pertama dia bergabung dengan MIB di Bandung menjadi jamaah di WM yang sudah ditangkap itu, kemudian 2014 dia menyatakan baiat tunduk kepada amir ISIS kemudian 2016 baru dia terdaftar sebagai karyawan PT KAI," katanya.

Kabid Propam Polda Sulsel Kombes Zulham Effendy saat diwawancarai awak media. (Foto: Supriadi Maud)

Anak Buah Irjen Andi Rian Djajadi Dicopot Gara-gara Ikut Deklarasi Calon Bupati di Sulsel

Dua perwira polisi di Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) dicopot dari jabatannya. Kedua perwira Polri itu dicopot lantaran diduga kuat ikut deklarasi salah

img_title
VIVA.co.id
20 September 2024