Irjen Krishna Murti: Terduga Pelaku Pembunuhan WNI di Jepang sudah Ditangkap

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Krishna Murti
Sumber :
  • VIVA / Ahmad Farhan

JakartaKepala Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri, Irjen Krishna Murti membenarkan kasus kematian warga negara Indonesia (WNI), bernama Josi Putri Cahayani di Apartemen Kota Maebashi, Jepang sudah ditangkap diduga pelakunya.

Ajakan Rujuknya Ditolak, Pria Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

“Kami melakukan koordinasi dengan beberapa pihak dan hasilnya Polisi Jepang sudah berhasil menangkap terduga pelaku pembunuhan terhadap korban JPC,” kata Krishna saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Ilustrasi pembunuhan

Photo :
  • Pixabay
Belanja Pakai Uang Palsu di Warung Madura, Pemuda Kota Tangerang Ditangkap Polisi

Menurut dia, terduga pelaku ditangkap di salah satu stasiun di Tokyo pada Kamis, 24 Agustus 2023. Namun, kata dia, belum dikonfirmasi secara resmi bahwa yang bersangkutan adalah pelaku pembunuhan.

“Regulasi di Jepang mewajibkan Kepolisian Jepang untuk memeriksa tahap demi tahap,” ujarnya.

Momen Kocak Maling Motor Bertato Video Call Emak saat Mau Digebuki Warga Koja

Saat ini, Krishna menyebut terduga pelaku masih diduga melakukan penelantaran jenazah.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memastikan jenazah perempuan yang ditemukan di Prefektur Gunma pada Selasa (22/8) merupakan WNI. Jenazah yang ditemukan tersebut atas nama Josi Putri Cahayani. Penyebab kematiannya belum diketahui karena masih dalam proses autopsi.

Berdasarkan informasi dari Indonesian Community in Japan (ICJ), Josi sudah meninggalkan Asrama Sekolah Bahasa Jepang (Nihonggo Gakkou) sejak dua pekan lalu serta terakhir kontak dengan keluarga dan kawannya pada Kamis (17/8).

Kawan dan keluarganya berusaha menghubungi pihak yang dapat dilibatkan, seperti sekolah tersebut, lembaga pelatihan kerja (LPK) yang menaunginya, dan KBRI.

Kepolisian Gunma mengkonfirmasi ke sekolah bahwa memang jenazah wanita yang ditemukan adalah Josi Putri Cahyani. Selain itu, Josi dikabarkan bersama kenalannya warga negara Jepang berinisial KK. Diketahui KK memiliki catatan kriminal kasus pembunuhan pada tahun 2017.

Ilustrasi mayat/jenazah.

Photo :
  • Pixabay.

Menurut informasi yang dikutip dari media setempat, pria penyewa apartemen tempat jenazah Josi ditemukan belum diketahui keberadaannya hingga kini.

Polisi masih mencari keberadaan pria tersebut. Hingga saat ini pria itu belum bisa dihubungi. Josi diketahui tinggal bersama teman perempuannya di apartemen yang berjarak tiga kilometer dari apartemen tempat jenazah ditemukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya