Program 'Julela', Cara Sandiaga Berdayakan dan Tingkatkan Ekonomi Lansia

Sandiaga Uno menggelar program 'Wirausaha Praktis Juragan Lele Lalap' (Julela)
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggelar program 'Wirausaha Praktis Juragan Lele Lalap' (Julela) di Pancoran, Jakarta Selatan pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Sandiaga menyasar warga dan juga sekaligus merangkul lansia untuk budidaya lele.

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

"Melalui program Julela ini akan meningkatkan ekonomi di masyarakat Pancoran, untuk yang lansia selain mendapatkan manfaat ekonomi juga akan mendapat manfaat kesehatan yaitu terapi supaya lebih produktif," ujar Sandiaga.

Pada kesempatan ini, Sandiaga turut berbincang dengan Ketua Ikatan Masyarakat Pancoran Lanjut Usia (IMPALA), Kurniawan. Kurniawan mengatakan budidaya lele yang berlokasi Green House Perhimpunan Tani Pancoran (PETAPA) RW 04 ini telah ada sejak 2007 dan mempunyai anggota puluhan lansia di RW 04 Pancoran.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Mendengar hal itu, Sandiaga optimis untuk mendorong peluang di Green House PETAPA RW 04, Sandiaga langsung memberikan bantuan untuk mengembangkan potensi yang sudah ada.

"Kita beri bantuan tambahan tiga kolam bioflok dengan diameter 200 cm, 2.250 bibit ikan lele dan pakan ikan hingga panen. Tentu juga kita beri pendampingan dan pelatihan budidaya ikan lele," sambung Sandiaga.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Bantuan ini mendapat respons baik dari warga. Nurdin Arrahman selaku Ketua RW 04 mengatakan kedatangan Pak Sandi sangat memotivasi untuk meningkatkan hasil budidaya lele di Green House PETAPA.

"Karena lele kita di sini sudah dipasarkan dengan harga Rp28 ribu per kilo, kita sudah berjalan dan sekarang ditambah dengan bantuan dari Pak Sandi, ini sangat luar biasa," kata Nurdin.

Sejalan dengan itu, Sandiaga  kembali menegaskan program ini sebagai cara untuk percepatan ekonomi di Indonesia.

"Karena ini juga bisa membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan targetnya 4,4 juta di tahun 2024 dengan salah satunya program Juragan Lele ini," ucap Sandiaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya