Menhub Sebut LRT Jabodebek Karya Anak Bangsa

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Ujicoba Terbatas Naik LRT Jabodebek
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan light rapid transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), merupakan transportasi umum karya anak bangsa. 

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Budi Karya mengklaim, 90 persen lebih komponen LRT Jabodebek merupakan produk dalam negeri. "Kita memang harus bangga ini 90 persen merupakan produk anak bangsa," kata Budi Karya di sela-sela peresmian LRT Jabodebek, Senin, 28 Agustus 2023.

Budi berharap, LRT Jabodebek dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Dia menekankan, transportasi seperti ini harus diinisiasi di daerah lain, khususnya kota-kota besar yang juga padat penduduk dan kendaraan.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Ini jadi contoh bahwa harus bisa dilakukan pada kota-kota yang lain, satu pembelajaran. Dan satu lagi yang penting adalah ini budaya baru di mana kita menghargai waktu lalu kita bersih, enggak boleh makan (di dalam LRT), ini budaya baru yang Insya Allah bisa ditularkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Untuk diketahui, komponen LRT Jabodebek hampir semua dikerjakan perusahaan dalam negeri, di antaranya Infrastruktur lintasannya yang dibangun PT Adhi Karya, kemudian keretanya dibuat oleh PT INKA, 

Adapun persinyalan disiapkan PT Len Industri, dan operasional dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya