Mendag Zulhas Tekankan Pentingnya Kolaborasi untuk Perkuat Daya Saing UMKM RI

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan perlunya kolaborasi dari semua pihak untuk menguatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, badan usaha milik negara, swasta, dan semua pihak dapat mengambil peran sesuai bidang masing-masing.

Digitalisasi dan Manajemen Logistik jadi Perhatian Lion Parcel untuk Dukung UMKM Jangkau Pasar

Kemajuan Ekonomi RI, menurut Zulhas, hanya bisa dicapai apabila seluruh elemen masyarakat bekerja sama. Kemajuan ekonomi akan sukit dicapai jika masing-masing pihak bekerja sendiri-sendiri dan tidak bersatu.

“Kita semua satu tim bisa bekerja sama,” kata Zulkifli Hasan dalam acara penghargaan Indonesia Entrepreneur Challenge atau IEC 2023 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu, 31 Agustus 2023.

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan tinjau produk UMKM lokal

Photo :
  • Dok. Istimewa

Zulkifli Hasan menegaskan, demi majunya UMKM para pelaku usaha harus mendapatkan pelatihan. Bekal pengetahuan dalam berusaha itu bisa digunakan untuk berinovasi pada produk maupun proses, serta meningkatkan nilai usaha dan produknya. 

Aktivis Buruh Jabar Sukses Bangun Usaha Mandiri dengan Berkebun Anggur

Dia mencontohkan, sambal yang dikemas dalam plastik memiliki nilai jual yang lebih rendah. Namun apabila produk tersebut dikemas dalam botol kaca, maka akan meningkatkan harga dan jual dan menambah keuntungan.

Zulhas menambahkan, produk yang sama tersebut akan bertambah lagi nilainya jika memiliki label dengan tulisan bahasa asing. Misalkan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Dengan begitu para pembelinya juga tidak hanya dari satu negara saja, tapi juga dari berbagai negara. “Harganya bisa lebih tinggi dan pangsa pasar yang lebih luas,” ucap dia. 

Zulhas menekankan pentingnya para pengusaha dan pelaku UMKM mendapatkan pendidikan kewirausahaan seperti itu. Dia juga menyebut kegiatan Indonesia Entrepreneur Challenge atau IEC 2023 yang diadakan, merupakan salah satu bentuk dukungan agar pelaku UMKM naik kelas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya