Ada KTT ASEAN, TMII Ditutup Sementara 5-6 September

Teater Keong Mas wajah TMII
Sumber :
  • tamanmini.com

Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sementara akan ditutup pada Selasa dan Rabu, 5-6 September 2023. Penutupan sementara ini berhubungan dengan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Senayan, Jakarta.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Berdasarkan informasi yang diunggah akun instagram tmiiofficial, bahwa penutupan dimulai pada 5-6 September untuk publik. Sementara, 4 September 2023 masih dibuka sampai jam 20.00 WIB.

“4 September 2023 (buka mulai pukul 13.00 - 20.00), 5-6 September 2023 (close for public),” tulis akun instagram tmiiofficial dikutip pada Senin, 4 September 2023.

Padahal, TMII baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat malam, 1 September 2023. Namun, TMII dengan wajah barunya dipercaya menjadi Spouse Programme KTT ASEAN. Sehingga, TMII mendukung kegiatan KTT ASEAN dengan menutup jam operasional publik.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Akses Taman Legenda Keong Emas yang berada di TMII

Photo :
  • Dok. Istimewa

“Halo, Teman Jelajah! TMII telah dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN nihh. Menjelang hari H, akan ada Spouse Program yang akan dihadiri oleh Ibu Negara Peserta KTT ASEAN. Untuk mendukung perhelatan akbar ini, TMII akan close for public pada tanggal,” lanjutnya

Neta Lirik Indonesia Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik

Lokasi Pangeran

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII akan menjadi salah satu tempat yang berperan penting dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN di Jakarta. 

Sebab lanjut Basuki, TMII nantinya akan menjadi lokasi pameran yang akan dinikmati dan diikuti oleh berbagai negara anggota ASEAN. 

"TMII menjadi lokasi pameran (spouse program) dalam rangka pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN, di Jakarta pada 5-7 September 2023," ujar Basuki di Jakarta, Sabtu. 2 September 2023.

Dia menjelaskan, penataan sarana dan prasarana di kawasan TMII utamanya dalam rangka persiapan sebagai lokasi pertemuan tingkat internasional di Jakarta. 
Penataan juga dilakukan untuk mengembalikan TMII sebagai ikon dan ruang publik skala besar di Jakarta, seperti Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Taman Margasatwa Ragunan yang telah menjadi destinasi wisata rakyat sejak tahun 1970-an.

Diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa, 5 September 2023. Perhelatan yang dihadiri 11 negara ASEAN dan sembilan negara mitra akan berlangsung sampai 7 September 2023.

Dua negara lainnya yang diundang adalah Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Kepulauan Cook selaku Ketua Pasific Island Forum (PIF).

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi diagendakan akan memimpin 12 pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Rangkaian pertemuan tersebut yaitu KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya