Hasil Pertemuan Bilateral Jokowi dengan PM Timor Leste, Kamboja dan Vietnam

Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao
Sumber :
  • VIVA/Farhan

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao; Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh; dan Perdana Menteri Kamboja, Hun Manet di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 4 September 2023.

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas kedatangannya ke Indonesia. Kepada Perdana Menteri Timor Leste, Jokowi mengucapkan selamat atas dilantiknya Xanana.

“Yang Mulia PM Xanana Gusmao beserta delegasi, selamat datang di Jakarta serta selamat atas pelantikan Yang Mulia. Indonesia dan Timor Leste adalah saudara sehingga kemitraan kita harus semakin dipererat,” kata Jokowi.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Timor Leste yaitu mengenai keanggotaan Timor Leste di ASEAN

“Indonesia selalu mendukung dan aplikasi keanggotaan Timor Leste, dan implementasi roadmap keanggotaan, termasuk melalui peningkatan kapasitas pejabat Timor Leste,” ujarnya.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Presiden Jokowi menerima kunjungan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva

Photo :
  • Youtube Setpres

Kemudian, Jokowi juga menyambut baik kedatangan Perdana Menteri Vietman bersama delegasi ke Jakarta, Indonesia. “Selamat datang di Jakarta Yang Mulia, senang dapat berjumpa kembali dan terima kasih atas dukungan vietnam terhadap keketuaan Indonesia,” katanya.

Sedangkan, Jokowi megapresiasi sambutan Kamboja terkait keinginan Indonesia untuk mengimpor beras dari Kamboja sekitar 250 ribu ton beras per tahun. 

“Dan sebaliknya, Indonesia juga siap untuk mendukung infrastruktur ketahanan pangan Kamboja melalui pasokan pupuk dan pelatihan,” pungkasnya.

Diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa, 5 September 2023. Perhelatan yang dihadiri 11 negara ASEAN dan sembilan negara mitra akan berlangsung sampai 7 September 2023.

Dua negara lainnya yang diundang adalah Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Kepulauan Cook selaku Ketua Pasific Island Forum (PIF).

Dikutip dari laman resmi Sekretariar Kabinet, Presiden Jokowi diagendakan akan memimpin 12 pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Rangkaian pertemuan tersebut yaitu KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya