BSSN Jelaskan Kronologi Akun YouTube DPR Diretas

Juru bicara BSSN, Ariandi Putra
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta -- Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariandi Putra menjelaskan kronologi peretasan akun YouTube DPR RI. 

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Menurut Ariandi, awalnya BSSN melaporkan adanya take over akun resmi YouTube milik DPR RI yang beralamat di @DPRRIOfficial pada Pukul 05.06 WIB, Rabu, 6 September 2023.

Akun tersebut di-hack dengan menyiarkam live streaming judi slot sejak Rabu pagi.

Ditolak Gelora Masuk Koalisi Prabowo, PKS Lempar Sindiran Menohok: Aduh, Partai Nol Koma

"BSSN kemudian melakukan proses penanganan insiden forensik digital terhadap beberapa perangkat yang digunakan oleh admin media sosial DPR," kata Ariandi dalam konferensi pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 September 2023.

Ilustrasi hacker.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin
MKD Pastikan Pelat DPR di Mobil Alphard Tempat Brigadir RAT Bunuh Diri Palsu

Kemudian, lanjut Ariandi, berdasarkan deteksi yang dilakukan timnya, ditemukan indikasi adanya file berklasifikasi malware dan file berklasifikasi hack tool pada perangkat yang digunakan. File-file tersebut langsung dianalisis oleh tim BSSN.

"Selanjutnya file-file yang ditemukan tersebut diserahkan kepada tim analisis Malware BSSN untuk dianalisis lebih lanjut," kata Ariandi.

Masih pada hari Rabu, pukul 11.00 WIB, aktivitas peretasan terhadap akun YouTube DPR RI, berhenti, tak lama setelah akun tersebut ditangguhkan sementara oleh Google atas permintaan DPR RI. Kemudian pada pukul 20.30 WIB, akun resmi YouTube DPR RI sudah mulai pulih, tapi belum keseluruhan. "Tapi masih belum secara keseluruhan," kata Ariandi.

Saat ini, kata Ariandi, pihak Google masih berupaya melakukan pemulihan penuh terhadap akun YouTube DPR RI.

"Selama masa pemulihan kebijakan yang akan ditempuh untuk sementara akun ofisial YouTube DPR RI dinonaktifkan oleh admin media sosial DPR RI sehingga tidak bisa dicek, dilihat, di YouTube," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya