Jokowi soal Kebakaran di Gunung Bromo: Padamkan!

Presiden Jokowi di Pasar Kranggot, Cilegon, Banten
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Cilegon – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya mengenai peristiwa Kebakaran di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. Menurut Presiden Jokowi kebakaran tersebut harus segera dipadamkan.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Sebagaimana diketahui, bencana kebakaran lahan di Kawasan Bromo tersebut sudah terjadi beberapa hari lalu dan sampai saat ini belum padam. Oleh sebab itu perlu segera diatasi agar tidak meluas ke wilayah lainnya.

"(Kebakaran di Kawasan Bromo) Ya, dipadamkan," kata Presiden di Pasar Kranggot, Cilegon, Banten, Selasa 12 September 2023.

Jokowi Minta PM Singapura Dukung Pembangunan Pembangkit Listrik di IKN Nusantara

Kondisi kebakaran Gunung Bromo di Blok Watangan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

Seperti diketahui, Kebakaran di kawasan Gunung Bromo semakin meluas. Kini titik api yang semula hanya berada di padang Savana, Bukit Teletubbies dan Blok Watangan telah meluas ke daerah perbatasan 3 wilayah. 

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan, bahwa sejak Minggu, 10 September 2023 pukul 10.00 WIB titik api sudah mencapai Kabupaten Malang. Bahkan di perbatasan 3 wilayah ini Malang, Pasuruan dan Probolinggo dilaporkan ada titik api. 

"Sudah sampai Malang mulai kemarin. Laporan awal jam 10.00 pagi Minggu kemarin. Ini hampir semua kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo semuanya kena (kebakaran)," kata Sadono, Senin, 11 September 2023.

Kebakaran di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru itu merupakan buntut foto pre-wedding itu terus merambat dan bahkan mencapai Desa Ngadas, Malang. 

Prewedding di Gunung Bromo Sebelum Terbakar

Photo :
  • IG: awrech.id

Akibat kejadian memilukan itu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menutup seluruh lokasi wisata di kawasan Bromo. Bahkan, menurut laporan dari Instagram resminya, akses jalan Malang-Lumajang ikut terkena imbas kebakaran hebat tersebut. 

‘’Selain diharuskan menutup seluruh kunjungan wisata, kebakaran kali ini juga diharuskan untuk menutup akses jalan antara Malang-Lumajang-Malang nih #sahabatmentaritengger,’’ tulis pihak TNBS dilansir dari akun Instagram @bbtnbromotenggetsemeru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya