Angin Puting Beliung Bikin Kebakaran di Gunung Bromo Semakin Tidak Terkendali

Penampakan angin puting beliung saat kebakaran di Gunung Bromo.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Malang – Kebakaran Gunung Bromo telah meluas hingga mencapai batas wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan hingga Kabupaten Probolinggo. Kebakaran membesar sejak Minggu, 10 September 2023 pukul 10.00 WIB kemarin. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan salah satu penyebab api cepat menyambar kawasan lain karena angin di kawasan Gunung Bromo cukup kencang. Bahkan beberapa kali ditemukan angin puting beliung yang membuat api semakin berkobar. 

"Di Bromo saat musim kemarau itu anginnya kencang, sesekali muncul puting beliung kecil-kecil. Iya betul (angin jadi faktor api cepat menyebar). Karena sebetulnya walaupun tidak ada puting beliung angin kencang di situ (Bromo)," kata Sadono dikutip Selasa 12 September 2023. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Kondisi ini diperparah dengan semak belukar di Gunung Bromo yang cukup tinggi. Hal ini semakin menjadi bahan bakar bagi api untuk terus melahap benda-benda yang mudah terbakar di kawasan Gunung Bromo. 

"Kemudian semak belukar di Bromo itu kan sudah lama tidak terjadi kebakaran. Sejak (terakhir) 2019 artinya semak itu tinggi kering dan mudah tersulut," ujar Sadono. 

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Tornado Muncul di Tengah Kebakaran Bromo yang Tak Kunjung Usai

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sementara kendala utama yang dialami adalah medan menuju titik api berada. Api berada di punggung bukit, hal ini menyulitkan petugas gabungan memadamkan api melalui jalur darat. 

Bahkan untuk titik api yang sudah terjangkau dan padam. Sering kali kembali terbakar dan muncul titik api lagi saat angin kencang menyambar wilayah-wilayah itu. 

"Kendala utama pasti adalah medan karena kebakaran berada di punggung bukit. Kemudian angin juga ikut memperparah keadaan. Ketika posisi sudah kita padamkan artinya sudah padam. Ketika sudah kering kemudian ada angin hidup lagi apinya," tutur Sadono. 

Sebelumnya diberitakan, kebakaran di kawasan Gunung Bromo semakin meluas. Kini titik api yang semula hanya berada di padang Savana, Bukit Teletubbies dan Blok Watangan telah meluas ke daerah perbatasan 3 wilayah.  

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan, bahwa sejak Minggu, 10 September 2023 pukul 10.00 WIB titik api sudah mencapai Kabupaten Malang. Bahkan di perbatasan 3 wilayah ini Malang, Pasuruan dan Probolinggo dilaporkan ada titik api.  

"Sudah sampai Malang mulai kemarin. Laporan awal jam 10.00 pagi Minggu kemarin. Ini hampir semua kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo semuanya kena (kebakaran)," kata Sadono, Senin, 11 September 2023.

Sadono mengatakan, di wilayah Kabupaten Malang titik api dilaporkan telah sampai di 2 kecamatan yang berada di wilayah Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Yakni Kecamatan Jabung dan Kecamatan Poncokusumo. Kondisi kebakaran Gunung Bromo di Blok Watangan.

"Hari ini (titik api) sudah di Jemplang terus wilayah TNBTS yang ada di Jabung Taji. Yakni di Pusung Samat sampai Puncak Kahyangan ini daerah perbatasan sama Pasuruan. Di Kabupaten Malang api sudah menyabar 2 kecamatan di wilayah Jabung dan Poncokusumo yang masuk wilayah TNBTS," ujar Sadono.  

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan, sebagai langkah taktis dalam mengendalikan kebakaran di kawasan Gunung Bromo. Usai menutup akses wisata Gunung Bromo secara total, kini semua akses menuju Taman Nasional juga ditutup total. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya