Anies Baswedan Bicara Gagasan Perubahan di UGM

Bacapres Anies Baswedan di kampus UGM.
Sumber :
  • YouTube Universitas Gadjah Mada

Yogyakarta - Bacapres yang diusung Partai Nasdem, PKS, dan PKB Anies Baswedan menghadiri acara 3 Bacapres Bicara Gagasan. Acara ini digelar di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa 19 September 2023.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Dalam diskusi ini Anies menjawab tentang makna perubahan. Anies menjelaskan jika perubahan yang diinginkan bukanlah soal melanjutkan atau tidak melanjutkan program pemerintahan sebelumnya.

Anies menyebut perubahan yang dimaksud adalah bagaimana perubahan ini mewujudkan cita-cita bangsa sejak tahun 1945 yaitu tentang apa tujuan negara ini didirikan.

Tekan Emisi Karbon, Kementerian Investasi dan VKTR Hibahkan 3 Bus Listrik ke UGM

"Ini bukan soal melanjutkan atau tidak melanjutkan 5 atau 10 tahun ke belakang. Bagaimana kita meraih apa yang kita tuju ketika negara ini didirikan sejak tahun 1945," ujar Anies.

Anies Baswedan di UGM

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi
Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

"Gagasan tentang perubahan adalah memasukkan unsur keadilan dalam kebijakan-kebijakan yang dibuat," imbuh Anies.

Anies menyebut dalam pembangunan infrastruktur saat ini seperti jalan tol apakah sudah memberikan manfaat yang setara bagi semua.

"Jalan tol dibangun lebarnya 80 meter. Dia membebaskan tanah rakyat. Tanahnya dibeli. Rakyat pindah. Pertanyaan bolehkan rakyat menyertakan tanahnya di sana. Jadi keuntungan jalan tol juga diterima orang-orang yang tanahnya dibangun jalan tol," ungkap Anies.

"Jadi bukan pada tidak dilanjutkan. Tapi kebijakan dengan cara yang memberikan keadilan. Ketika itu dilakukan rakyat tak hanya menjadi penonton jalan tol. Tapi merasakan keuntungan investasi. Karena jalan tol merupakan investasi swasta," sambung Anies.

Anies menjelaskan perubahan nanti bukanlah mengubah atau membatalkan yang sudah ada tapi justru akan memperkaya apa yang saat ini sudah ada.

"Jadi nanti perubahan yang akan dirasakan di semua aspek kebijakan ada unsur keadilan yang dirasakan. Bukan mengubah atau membatalkan yang sudah ada tapi memperkaya yang sudah ada," jelas Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya