Satgas Damai Cartenz 2023 Tembak Mati Satu Anggota KKB Ananias Ati Mimin di Oksibil

Anggota KKB Ananias Ati Mimin yang tertembak.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan/Dok. Humas Satgas Damai Cartenz

Oksibil – Satgas Damai Cartenz 2023 melakukan operasi pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ananias Ati Mimin pascapenembakan anggota Polri di daerah Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan. Aparat gabungan TNI Polri terus meningkatkan pengamanan di wilayah Oksibil selama 3 hari,

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Pada Kamis, 21 September 2023, dalam pengejaran tersebut, pasukan berhasil melumpuhkan sejumlah anggota KKB yang akan melakukan penembakan terhadap pesawat sipil yang melintas.  

“Tim sniper kami berhasil menembak mati salah satu anggota KKB, yang kami tembak dari jarak 800 meter saat mereka melakukan penembakan terhadap pesawat yang melintas di ketinggian Oksibil. Terlihat dari teropong kami bahwa beberapa KKB terluka akibat tembakan dari Tim Sniper kami.” jelas Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Dr. Bayu Suseno, Kamis, 21 September 2023.

KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno

Photo :
  • Istimewa

Bayu menjelaskan, jenazah korban dan senjata anggota KKB tersebut berhasil dibawa lari oleh kawan-kawannya masuk ke dalam hutan saat pasukan Satgas Damai Cartenz melakukan pengejaran dan penyisiran. 

WNA Asal Papua Nugini Ditangkap di Papua Karena Bawa Dua Butir Amunisi Ilegal

Hal ini diperkuat dengan informasi dari sumber terpercaya pada hari tanggal 21 September 2023 sekitar jam 16.00 WIT yang menginformasikan bahwa memang benar ada salah satu anggota KKB kelompok Ananias Ati Mimin yang terkena tembakan dari tim sniper aparat keamanan. 

“Sumber terpercaya mengatakan bahwa anggota KKB tersebut tertembak di bagian tangan dan dada tembus ke belakang dan kondisinya luka parah. Nama pasukan (KKB) yang ditembak aparat itu Ricky Sasaka, info terakhir sudah mati. Ini adalah informasi yang kami peroleh dari sumber kami di lapangan,” tegas Bayu.

Ia mengatakan, situasi keamanan pun di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang pascapenyerangan dan pembakaran kios oleh KKB kelompok Ananias Ati Mimin pada hari Senin, 18 September 2023 lalu, berangsur-angsur pulih dan dapat dikendalikan oleh aparat keamanan. 

Bayu menjelaskan bahwa saat ini juga telah dikirim penambahan sejumlah pasukan untuk memperkuat Oksibil Kab Pegunungan Bintang. 

“Kami telah menambah pasukan gabungan TNI Polri untuk memperkuat pasukan di Oksibil, saat ini kami masih melakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap KKB kelompok Ananias Ati Mimin di wilayah Pegunungan Bintang,” ujar Bayu.

Sementara itu, Kaops Damai Cartenz KBP Dr Faizal Ramadhani menjelaskan bahwa operasi pengejaran dan penegakan hukum terhadap KKB kelompok Ananias Ati Mimin di Pegunungan Bintang akan dilakukan secara intensif dan berkesinambungan.

“Kami sudah identifikasi kantong-kantong mereka. Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat kita sisir. Satgas Operasi Damai Cartenz tetap lakukan operasi gabungan untuk menangkap dan menegakkan hukum terhadap KKB maupun simpatisannya “ kata Faizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya