Ganjar Nongkrong Bareng Seniman hingga Budayawan, Bahas Apa?

Bacapres Ganjar Pranowo bertemu budayawan, seniman dan musisi
Sumber :
  • Istimewa

Bandung - Budayawan asal Bandung, Budi Dalton menerima kunjungan dari bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Pertemuan itu berlangsung di rumah Budi Dalton di Jalan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Sejumlah seniman, musisi hingga budayawan hadir juga dalam pertemuan itu. Seperti Eddi Brokoli, Man Jasad, Bhatara Sunandar Sunarya, Ronald Surapradja, Dellu Uyeee, Trie Utami, Purwacaraka. Kemudian ada Decky Sastra, Taufik udjo, Yudjeng Hensem, Mang Saswi, Ahmed sahara, Tom Tom The Titans. 

Ganjar berdiskusi dengan Budi Dalton dan lainnya selama kurang lebih 1,5 jam. Dia mengaku senang karena akhirnya bisa menyempatkan waktu untuk bersilahturahmi dengan mereka.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

“Tentu saja senang ketemu dengan seniman, budayawan di Jawa Barat,” kata Ganjar di lokasi.

Bacapres Ganjar Pranowo bertemu budayawan, seniman dan musisi

Photo :
  • Istimewa
Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ganjar menyatakan dirinya banyak mendapatkan masukan terkait strategi seni dan budaya agar tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Saya senang ketemu dengan seniman, budayawan jabar banyak memberikan masukan ke saya tentang strategi kebudayaan, apa pentingnya kebudayaan dan tentu saja bagaimana agar itu bisa berjalan,” tuturnya

Sebagai bacapres, Ganjar juga dirinya sangat terbuka untuk mendengarkan masukan dari Budi Dalton dan kawan-kawan dalam membuat strategi perihal kebudayaan.

“Saya mendengarkan kawan-kawan seniman budayawan ini, ‘bantu dong saya untuk membuat startegi kebudayaan’. Agar kita sebagai bangsa itu betul-betul punya kepribadian dalam kebudayaan itu dan ternyata idenya canggih-canggih,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar menegaskan komitmennya agar budaya Indonesia terus berkembang dan tidak tergantikan dengan budaya lainnya.

“Nasib senimannya dipikirkan, kedua budaya kita jangan sampai tergantikan bahkan bisa dikembangkan. Jadi saya minta tolong agar ada follow up, dan mereka akan menyiapkan timnya untuk berkumpul dan membuat sesuatu dan saya akan menunggu itu,” tegas Ganjar.

Bacapres Ganjar Pranowo bertemu budayawan, seniman dan musisi

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, Budi Dalton menyampaikan bahwa dirinya bersama Ganjar saling bertukar pikiran terkait dengan seni dan budaya yang di Indonesia.

“Tentunya seperti biasa kita kan ingin berbagi fikiran, poinnya mengenai startegi kebudayaan laku cita-cita besar yang berkaitan dengan seni dan budaya di Indonesia,” kata Budi Dalton.

“Jadi poinnya sebelumnya kita  menggantungkan harapan yang kurang lebih sebelumnya dilakukan berkaitan dengan kebudayaan, lalu ke depannya akan seperti apa,” imbuhnya.

Dikatakan Budi Dalton, saat bertemu dengan Ganjar ia juga menyampaikan keluh kesah yang dirasakan oleh para budayawan saat ini. Dia berharap bilamana Ganjar terpilih menjadi Presiden bisa menghadirkan solusi.  

“Tapi ini artinya bukan sebuah permintaan atau apa, ini hanya brainstroming poinnya silahturahmi dan juga lebih dalamnya ya ada hal-hal yang memang di lapangan kadang tidak tersampaikan kepada para tokoh siapapun itu yang mungkin bisa dicarikan solusinya,” tutur Budi Dalton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya