Buka Forum AIS 2023, Jokowi: Laut bukan Pemisah

Presiden Jokowi membuka KTT Archipelagic and Island States Forum (AIS) 2023
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-negara Pulau dan Kepulauan atau KTT Archipelagic and Island States Forum (AIS) 2023 di Bali pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

“Selamat Pagi, Yang Mulia, para pemimpin dan ketua delegasi AIS Forum, pimpinan dan delegasi organisasi internasional. Selamat datang di Bali,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi membuka KTT Archipelagic and Island States Forum (AIS) 2023

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Kata Jokowi, Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah momentum bersejarah KTT pertama AIS Forum, sebuah forum untuk penguatan kolaborasi antar negara kepulauan dan negara pulau yang dihubungkan oleh laut.

“Laut bukanlah pemisah antar daratan, tapi laut justru pemersatu antar daratan. Laut justru perekat dan penghubung antar daratan,” ujarnya.

Jokowi Minta PM Singapura Dukung Pembangunan Pembangkit Listrik di IKN Nusantara

Sebagai sesama negara kepulauan dan negara pulau, kata dia, terlepas besar atau kecil, terlepas maju atau berkembang. “Kita berbagai tantangan kompleks bersama yang saling kait mengkait dan terhubung satu sama lain,” pungkasnya.

Pulau Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA

Tampak mendampingi Presiden Jokowi, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya