BRIN Bahas Skema Kerja Sama Riset Maritim Dengan India

Gedung BRIN.
Sumber :
  • BRIN

Jakarta - Wakil Kepala BRIN (Badan RIset dan Inovasi Nasional), Prof. Amarulla Octavian menerima kunjungan kehormatan Panglima Komando Armada Selatan India, Laksdya Hampiholl didampingi Atase Pertahanan India beserta 2 Komandan Kapal Perang INS Tir (A86), dan INS Sujata (P56), serta 1 Komandan Kapal Coast Guard ICGS Sarathi (14) di Gedung B.J Habibie, Jakarta pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Amarulla mengatakan, Komando Armada Selatan India dengan markas utama di Kochi, India, adalah institusi pendidikan Angkatan Laut India yang membawahi India Naval Academy dan India Naval War College. Pertemuan tersebut, kata dia, banyak diskusi terkait pola dan skema kerja sama riset pada bidang kemaritiman.

“Dinamika Samudera Hindia merupakan fokus riset yang dapat menjadi kepentingan nasional kedua negara untuk riset laut dalam,” kata Amarulla melalui keterangannya.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ia menjelaskan riset maritim di Samudera Hindia sangat penting ditingkatkan, baik generic reaearch maupun advanced research oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN. Apalagi, kata dia, mengingat perubahan iklim di Indonesia sangat dipengaruhi oleh variabel perilaku laut. 

“BRIN sangat berkepentingan untuk meningkatkan literasi laut guna memanfaatkan seoptimal mungkin sumber kekayaan alam di laut untuk kesejahteraan rakyat Indonesia,” jelas dia.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
Jeep Wrangler Facelift

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Jeep Wrangler Facelift secara resmi meluncur di pasar India dengan ragam pembaruan yang disemati.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024