Pengacara SYL Pertanyakan Sosok yang Ajak Tak Kooperatif di Kasus Kementan, KPK Jawab Begini

Tersangka Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JakartaPengacara Syahrul Yasin Limpo alias SYL, Febri Diansyah mempertanyakan sosok yang mengajak mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI itu untuk tak kooperatif dalam kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Pihak KPK pun merespons omongan Febri.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan lembaga antirasuah akan membuka hasil penyidikannya pada tempat dan waktu yang tepat. Dia menyebut kalau semuanya hanya akan dibuktikan di dalam meja hijau Pengadilan Tipikor.

"KPK pasti akan buka semua hasil penyidikan dan termasuk semua alat buktinya hanya pada tempat yang tepat bukan saat ini. Tapi, nanti di depan majelis hakim pengadilan Tipikor," kata Ali Fikri kepada wartawan yang dikutip pada Senin 16 Oktober 2023.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Pengacara Febri Diansyah

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ali jelaskan kalau pengacara SYL juga mengerti akan hal tersebut. Menurutnya, hal itu dilakukan karena demi mematuhi prosedur hukum yang ada.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

"Kami tidak akan terjebak untuk melanggar prosedur hukum yang harus kami patuhi. Bagi kami, patuh pada prosedur hukum merupakan sikap penting yang harus dimiliki para penegak hukum," ujar Ali.

Bahkan, Ali juga menjelaskan soal adanya dugaan aliran dan ke Partai Nasdem. Aliran dana SYL akan ditelusuri kemanapun adanya.

"Semua aliran uang pasti kami kejar.Siapa, ke mana dan berapa jumlahnya karena dalam perkara ini kami terapkan juga ketentuan pasal pencucian uang," kata Ali.

"Namun, pada proses penyidikan tidak juga harus kami buka semuanya karena hasil penyidikan kami akan pertanggungjawabkan nanti pada saatnya dihadapan majelis hakim," imbuhnya.

Ada Sosok Ajak SYL Tak Kooperatif

Wakil ketua KPK Alexander Marwata mengatakan awal mula penangkapan terhadap SYL pada Kamis 12 Oktober 2023 malam. Padahal, SYL sudah siap hadir memenuhi jadwal pemeriksaan pada esok harinya.

Tersangka Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia mengatakan kalau penangkapan SYL dilakukan karena mengikuti perkembangan terbaru yang terjadi.

"Tapi yang jelas sikap untuk melakukan penangkapan itu juga didasarkan atas perkembangan situasi dan kondisi terakhir sehingga diputuskan pada malam itu untuk dilakukan penangkapan," ujar Alex kepada wartawan, pada Sabtu 14 Oktober 2023.

Dia menyebut usai SYL ditangkap di sebuah apartemen kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, penyidik lantas langsung melakukan pemeriksaan kepada Syahrul di gedung merah putih.

Kemudian, ketika melakukan pemeriksaan kepada SYL, penyidik menemukan adanya komunikasi yang meminta agar SYL tidak hadir dalam pemeriksaan Jumat. Komunikasi tersebut berisikan ajakan untuk bersikap tidak kooperatif.

"Kami coba untuk terus memantau dan setelah dilakukan penangkapan diperoleh dari komunikasi yang ada pada alat komunikasinya. Itu tidak akan menghadiri panggilan di hari ini," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu.

Namun, Asep tak merincikan secara gamblang sosok yang mengajak SYL untuk tidak kooperatif. Dia mengatakan penangkapan SYL merupakan komitmen dari KPK untuk menuntaskan perkara korupsi di Kementerian Pertanian.

"Penangkapan ini kemudian menjadi sebuah jawaban untuk penanganan perkara ini supaya lebih cepat," tutur Asep.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya