Cerita Jokowi saat Iriana Dijamu Istri Pangeran MBS di Istana Kerajaan Arab Saudi

Presiden Jokowi bertemu PM Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Kerajaan Arab Saudi pada Jumat, 20 Oktober 2023. Disana, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammad bin Salman al-Saud.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kemudian, Ibu Iriana juga disambut oleh istri Perdana Menteri Arab Saudi, Putri Sara binti Mashour bin Abdulaziz di Istana Kerajaan Arab Saudi Al-Yamamah, Riyadh. Iriana mendampingi Presiden Jokowi menghadiri KTT ASEAN Gulf Cooperation Council (GCC) di Riyadh pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Lalu, Presiden Jokowi menceritakan bahwa Ibu Negara Iriana diundang ke Istana Kerajaan Arab Saudi Al-Yamamah oleh Princess Sara, istri dari Perdana Menteri Mohammad bin Salman.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

“Alhamdulillah, Ibu Negara bercerita bahwa diterima dengan sangat hangat dan diterima dengan sangat ramah,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi bertemu PM Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Menurut dia, diterimanya Ibu Iriana dengan Putri Sara sebagai bukti hubungan antara Indonesia dengan Arab Saudi memang semakin lama itu erat dan semakin baik. Sebab, kata dia, Putri Sara kabarnya memang hampir tidak pernah menerima istri Kepala Negara dari negara lain.

“Ini sebuah hal yang memang tidak biasa terjadi. Info yang saya terima, Princess Sara hampir tidak pernah menerima istri Kepala Negara dari negara lain. Artinya, saya melihat hubungan Indonesia dan Arab Saudi ini semakin erat,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia akan mendapatkan tambahan kuota jemaah haji sebanyak 20.000 orang dari Kerajaan Arab Saudi untuk tahun 2024. Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammed bin Salman al-Saud di Riyadh, Arab Saudi pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Dalam pertemuan disela-sela KTT ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council), Jokowi curhat tentang antrean haji di Indonesia sangagt panjang. Bahkan, kata dia, jemaah haji Indonesia bisa sampai puluhan tahun mengantre.

“Saat bertemu dengan Perdana Menteri Mohammad bin Salman, saya menyampaikan apa adanya bahwa antrean haji di Indonesia sangat panjang, bahkan ada yang harus menunggu 47 tahun,” kata Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi menyampaikan kepada Perdana Menteri Mohammad bin Salman supaya memberi tambahan kuota untuk jemaah haji Indonesia. Alhamdulillah, kata Jokowi, permohonan penambahan kuota haji dikabulkan oleh Perdana Menteri Mohammad bin Salman.

“Indonesia membutuhkan tambahan kuota haji, dan Alhamdulillah ditanggapi sangat positif. Kurang dari 12 jam komitmen tambahan kuota haji langsung diberikan paling tidak 20 ribu tahun depan tambahannya diberikan untuk Indonesia,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya