Hari Ini, Ganjar-Mahfud Jalani Tes Kesehatan

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD, pada Minggu 22 Oktober 2023 pukul 06.30 WIB, telah tiba di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, untuk menjalani tes kesehatan. Petugas rumah sakit, dokter, dibantu TNI dan KPU pun tampak bersiap-siap di depan Gedung Medical Check-UP RSPAD Gatot Subroto. 

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Pemeriksaan tes kesehatan atau medical check-up ini merupakan persyaratan wajib bagi bakal calon presiden dan wakil presiden untuk maju dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) Pemilu 2024.

Sehari sebelumnya, adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menjalani tes kesehatan pertama. Proses pemeriksaan berlangsung selama delapan hingga 10 jam lamanya.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Tim Dokter RSPAD Gatot Subroto untuk Tes Kesehatan Capres-Cawapres 2024

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Dalam tes kesehatan ini, ada 50 orang tim dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Adapun rangkaian tes kesehatan yang diikuti oleh pasangan calon di antaranya CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jatung, tes fungsi organ keseluruh, tes pembuluh darah, MRI melihat profile merujuk pada seseorang, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagosis gangguan prablem solfing dan tes uji narkoba.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto telah menetapkan jadwal tes kesehatan bagi bakal pasangan calon peserta Pilpres 2024 yang telah mendaftar.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bakal pasangan capres-cawapres yang pertama kali mendaftar ke KPU RI, Kamis 19 Oktober 2023, dijadwalkan melaksanakan tes kesehatan pada Sabtu 21 Oktober 2023.

"Jadi, kami berkoordinasi dengan RSPAD agar bakal pasangan calon yang didaftarkan urutan pertama itu, nanti akan diperiksa kesehatannya hari Sabtu,” kata Hasyim, Rabu 18 Oktober 2023.

Selanjutnya, bagi bakal pasangan calon yang mendaftar di urutan kedua, tes kesehatan dijadwalkan berlangsung Minggu (22/10).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya