Mensos Pastikan Program KIS Lansia Sudah Ada Sejak Lama

Menteri Sosial Tri Rismaharini berkunjung ke Garut, Jawa Barat
Sumber :
  • Diki Hidayat (Garut)

Garut – Program dana Kartu Indonesia Sehat (KIS) Lansia yang menjadi program unggulan yang disampaikan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka, ketika menggelar deklarasi dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto, ternyata program itu sudah ada sejak lama.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Menteri Sosial Tri Rismaharini, bahkan menyebut dana lansia memiliki komponen lain, yang tertuang dalam kartu Program Keluarga Harapan (PKH), seperti dana disabilitas, dan dana bagi anak sekolah.

"Jadi PKH itu ada beberapa komponen, ada komponen lansia, ada komponen disabilitas dan ada komponen anak, " ujarnya, Senin 30 Oktober 2023 saat mengunjungi bocah yang terpaksa putus sekolah akibat merawat ibunya yang alami gangguan kejiwaan di Kampung Cipenta, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat RDP di Komisi VIII DPR RI

Photo :
  • DPR RI
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan


Dana lansia melalui PKH yang disediakan oleh Negara mengcover seluruh lansia, hal itu sesuai dengan usulan dari Kepala Desa. Laporan tersebut akan direspons oleh Kementerian Sosial, sehingga anggaran pun akan tepat sasaran.

"Kalau dikatakan disabilitas semua bisa mendapatkan per makanan jumlahnya lebih besar setiap bulannya, per makanan untuk disabilitas bisa mencapai Rp900 ribu per bulan, " kata Risma.

Sementara itu politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Garut, Yuda Puja Turnawan menyebutkan bahwa dana lansia merupakan program lama yang telah disetujui DPR RI dengan anggaran cukup besar Rp 500 triliun. Sehingga apa yang di kampanyekan oleh Gibran saat deklarasi, hal yang tidak elok.

"Apa yang dikampanyekan oleh Gibran sebagai Cawapresnya pak Prabowo tentang dana KIS dan dana abadi Ponpes bukan hal yang baru, itu programnya pak Jokowi yang disetujui DPR, " ucapnya.

Politisi PDIP Garut Yuda Puja

Photo :
  • Diki Hidayat (Garut)
PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang


Sementara itu, dalam kunjungannya ke Garut, Mentri Sosial, Tri Rismaharini akan membantu Entis Sutisna (12) bocah putus sekolah karena merawat ibunya Siti Halamah (49) yang alami disabilitas kejiwaan di Kampung Cipenta, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler Garut.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Sosial dan rombongan memastikan Entis bisa kembali bersekolah, adapun ibunya saat ini tengah menjalani perawatan. Entis selain mendapatkan permodalan membuka warung juga mendapatkan bantuan rehab rumah.

Wali Kota Solo yang juga Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka bagi-bagi sepatu

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Wali Kota Solo yang juga Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka membagikan 1.100 pasang sepatu kepada siswa miskin di Kota Solo

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024