Presiden Kirim Tim ke Laut Timor

Lokasi pencemaran pantai akibat tumpahan minyak di Australia
Sumber :
  • AP Photo/Tertius Pickard

VIVAnews - Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah (SKP Bangda dan Otda), Velix Wanggai, dalam pekan ini akan mengirimkan tim ke Laut Timor.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Tim itu akan bertugas melakukan verifikasi data kerugian masyarakat Kabupaten Rote Ndao di Nusa Tenggara Timur, pasca terjadinya kebocoran minyak di Laut Timor.

"Data kerugian akan diverifikasi dan diberikan kepada Presiden serta Kementerian dan Lembaga terkait, untuk langkah-langkah lebih lanjut. Apabila diperlukan, pemerintah dapat menjadikan data itu sebagai salah satu bahan penyusunan klaim kerugian kepada pihak yang menimbulkan pencemaran," kata Velix Wanggai, di Jakarta, Selasa 20 Juli 2010.

Kebocoran minyak yang terjadi pada 21 Agustus 2009, dan diduga berasal dari instalasi pengeboran minyak The Montara Well Head Platform milik Australia itu, mengganggu mata pencaharian masyarakat Kabupaten Rote Ndao, khususnya para petani rumput laut dan nelayan.

Belum lama ini, SKP Bangda dan Otda telah menerima laporan dari Bupati Rote Ndao, Leonard Haning, perihal jenis dan kuantitas kerugian yang diderita petani rumput laut dan nelayan Kabupaten Rote Ndao.

Menurut laporan Bupati Rote Ndao, tumpahan minyak itu mencemari sekitar 16.420 kilometer persegi wilayah Laut Timor yang tercakup dalam zona ekonomi eksklusif Indonesia. Kerusakan ekosistem laut dan kematian berbagai jenis biota laut telah menyebabkan anjloknya pendapatan nelayan dan petani rumput.

Sebelum terjadinya pencemaran, petani rumput laut di Rote Ndao dapat memproduksi 7.334 ton rumput luat kering per tahun. Pada tahun 2009, atau setelah pencemaran terjadi, produksi turun hingga 1.512 ton. Bahkan, hingga Juni 2010, produksi rumput laut kering di Rote baru mencapai 341,4 ton.

"Persoalan ekonomi yang dihadapi petani dan nelayan harus segera dicarikan jalan keluarnya. Hal tersebut mestinya berjalan seiring dengan upaya untuk membersihkan laut melalui pemanfaatan teknologi," ujar Velix.

Kabupaten Rote Ndao adalah kabupaten paling selatan di NTT, yang berbatasan langsung dengan wilayah Australia. Kabupaten hasil pemekaran atau DOB (Daerah Otonom Baru) ini masih memiliki keterbatasan dalam melakukan penciptaan sektor lapangan kerja baru di luar sektor pertanian dan perikanan. Karena itu, keterlibatan pemerintah pusat masih diperlukan.

"Untuk Kabupaten Rote Ndao dan semua DOB (Daerah Otonom Baru), pemerintah selalu memberikan bantuan teknis, termasuk mengalokasikan dana-dana perimbangan ke daerah," ujarnya.(np)

Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024