Kapolri: Kalau Ada Polisi Langgar Komitmen Pemilu, Laporkan!

Laksamana Yudo Margono, Maruf Amin dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • YouTube: Wakil Presiden Republik Indonesia

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat melapor jika menemukan oknum polisi yang melanggar tugas Polri dalam melakukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dia memastikan seluruh laporan yang masuk akan diproses.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

“Kalau ada (polisi) yang melanggar komitmen (pengamanan Pemilu) ya silakan saja dilapor, kita akan proses,” ujar Sigit di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, dilihat melalui YouTube Setwapres, Selasa, 14 November 2023.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo beri keterangan pers terkait AMMTC di Labuan Bajo

Photo :
  • Jo Kenaru/Manggarai-NTT
Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Sigit menegaskan, Polri akan berupaya agar rangkaian tahapan Pemilu 2024 ini berjalan aman dan lancar. Dia meminta masyarakat menyertakan bukti saat melapor adanya pelanggaran.

“(Laporan) harus disertai bukti, jangan hanya framing dan jangan hanya isu, tapi harus ada bukti yang cukup,” tegasnya

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Melalui Operasi Mantap Brata, lanjut Sigit, Polri akan melakukan tugasnya sejak tahapan pemilu dimulai, pencoblosan, penghitungan suara hingga diputuskan nama presiden dan wakil presiden yang terpilih.

“Polri di dalam kegiatan pemilu memiliki tugas melaksanakan pengamanan terkait dengan rangkain tahapan Pemilu, mulai dari awal pada saat mulai KPU dan Bawaslu menyampaikan bahwa tahapan pemilu di mulai, maka di situ juga Polri menggelar Operasi Mantap Brata,” terangnya

“Polri mendapat tugas untuk pengamanan tahapan tersebut dari mulai start sampai dengan kegiatan distribusi, sampai pengamanan pada saat kegiatan di TPS dan juga sampai dengan pengamanan terhadap hasil-hasil termasuk sengketa pada saat nanti di KPU di MK (Mahkamah Konstitusi),” sambungnya

Menurut Sigit, keterlibatan Polri dalam setiap rangkaian tahapan pemilu ini kerap menimbulkan pertanyaan di tengah masyarakat. Untuk itu ia menegaskan bahwa Polri telah mendapat tugas untuk melakukan pengamanan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri

“Ini yang kemudian menjadikan pertanyaan, kenapa ada Polri pada saat melaksanakan patroli dan sebagainya. Jadi itu semua kita lakukan dalam rangka pengamanan,” jelasnya

Terakhir, Sigit menegaskan tugas pengamanan ini bukan hanya dilakukan Polri melainkan juga TNI. Diharapkan pengamanan ini dapat merawat persatuan dan keutuhan negara.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap merawat persatuan di tengah situasi global. Dia juga minta masyarakat tetap berpegang teguh pada Pancasila meski terdapat perbedaan sesuai Bhinneka Tunggal Ika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya