Detik-detik Kecelakaan Maut Kereta Api Probowangi vs Elf yang Tewaskan 11 Orang

Kecelakaan maut kereta tabrak minibus elf di Lumajang Jawa Timur.
Sumber :
  • tvOne.

Lumajang – Kecelakaan Kereta Api dengan Mobil Minibus Elf terjadi di Dusun Prayuana, Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, pada Minggu malam, 19 November 2023. Peristiwa ini menyebabkan 11 orang penumpanh Minibus tewas di lokasi.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Humas PT KAI Daop 9, Anwar Yuli Prasetyo, mengungkapkan kronologi kecelakaan tersebut. Menurutnya persitiwa Kereta Api Probowangi menabrak minibus ini terjadi pada pukul 19.53 WIB.

"Jadi kalo informasi dari rekan masinis, dia (masinis) sudah membunyikan klakson, mobil minibus ini muncul dari samping, tanpa berhenti dahulu langsung masuk ke jalur Kereta Api. Padahal masinis sudah bunyikan klakson," kata Anwar, Minggu malam.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Kecelakaan Kereta Api dengan Minibus di Pasar Senen

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Minibus tersebut kemudian tetap maju melintasi rel kereta api yang tak memiliki palang. Akhirnya kecelakaan itu pun tak dapat dihindari dan menyebabkan 11 orang tewas.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Setelah Kereta Api menabrak minibus tersebut, Kereta Api sempat berhenti sejenak dan menjalani sejumlah pemeriksaan. Diketahui bahwa Kereta Api tersebut dalam kondisi baik dan dapat melanjutkan perjalanan.

"Setelah kejadian masinis sempat melakukan Pemeriksaan, setelah dipastikan kondisi kereta dalam keadaan aman, maka kereta tersebut kembali menersukan perjalanan," kata Anwar.

Lokasi Kecelakaan Kereta Api vs Elf Minim Penerangan

Berdasarkan keterangan dari Jurnalis tvOne Wawan Sugiarto di lokasi kejadian, diketahui bahwa perlintasan kereta api tersebut minim penerangan.  Perlintasan kereta tanpa palang, ditambah dengan minimnya penerangan menjadi salah satu sebab kecelakaan itu terjadi.

"Dapat diketahui Kereta berjalan dati selatan ke utara, kemudian menabrak minibus dengan kecepatan tinggi," kata Wawan di lokasi kejadian, Minggu malam.

Wawan menyebut, mobil minibus tersebut datang dari Sidoarjo, dan mengangkut penumpang sebanyak 15 orang. Kemudian mobil minibus itu melewati perlintasan kereta tanpa palang di lokasi kejadian kemudian langsunh tersambar kereta.

"Minibus angkut 15 orang, datang dari arah Sidoarjo. Dari 15 itu, ada 11 orang diantaranya meninggal dunia," ujar Wawan.

Ilustrasi proses evakuasi jasad pria.

Photo :
  • VIVA/Willibrodus

Setelah terjadinya kecelakaan itu, Aparat Kepolisian langsung menuju ke lokasi untuk melakukan olah TKP. Sementara untuk jenazah para korban yang tewas akibat kecelakaan itu telah dievakuasi petugas yang berwenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya